Minggu, 28 April 2024

SEA Games Kamboja: Indonesia Urutan Kedua Klasemen Sementara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ahmad Zigi Zaresta Yuda atlet karate Indonesia menggigit medali emas usai pengalungan medali nomor kata individual putra SEA Games 2023 di Chroy Changvar International Convention & Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (6/5/2023). Foto: Antara

Indonesia berada di urutan kedua klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2023 Kamboja hingga Minggu (7/5/2023) pagi, bersaing ketat dengan Thailand yang menggeser Filipina di posisi ketiga.

Timnas Merah Putih berhasil menyabet total delapan medali emas pada Sabtu (6/5/2023) malam, menambah empat emas yang diperoleh pada Sabtu siang.

Raihan tersebut berasal dari Feri Yudoyono yang berhasil mengawinkan emas balap sepeda nomor Cross Country Olympic (XCO) putra setelah Sayu Bella Sukma Dewi menjadi yang terdepan di sektor putri.

Medali emas juga berhasil dipersembahkan Ahmad Zigi Zaresta Yuda di cabang olahraga karate nomor kata perorangan putra.

Emas ketujuh untuk Indonesia di SEA Games 2023 berasal dari cabang olahraga Vovinam dengan Manik Trisna Dewi Wetan memenangi nomor Dragon Tiger Form.

Hendro Yap menambah pundi-pundi emas Indonesia sekaligus menjadi peraih emas ketiga Indonesia dari cabang olahraga atletik pada SEA Games Kamboja setelah menjuarai nomor 20 kilometer jalan cepat.

Indonesia juga menambah enam medali perak dan empat medali perunggu hingga Sabtu malam, yang membuat total perolehan menjadi 26 medali, dengan rincian delapan emas, tujuh perak, dan 11 perunggu.

Dengan jumlah medali emas selisih satu keping lebih banyak dari Thailand, Indonesia ada di urutan kedua.

Thailand yang berada di posisi ketiga sudah meraih 32 medali yang terdiri dari tujuh emas, sepuluh perak, dan 15 perunggu.

Tim Negeri Gajah Putih itu berada di posisi keempat pada Sabtu siang, dan berhasil menambah 27 medali untuk menggeser Filipina ke urutan keempat.

Filipina, yang memiliki jumlah emas yang sama dengan Thailand, dengan total 29 medali juga dibayangi Vietnam yang berada di posisi kelima dengan raihan total 33 medali, termasuk enam emas di dalamnya.

Sementara itu, tuan rumah Kamboja masih berada di puncak klasemen dengan perolehan total 40 medali, yang terdiri dari 18 emas, 11 perak, dan 11 perunggu.

Berikut klasemen perolehan medali SEA Games 2023 pada Minggu (7/5/2023) pukul 7.30 WIB menurut laman resmi games.cambodia2023.com.

Tabel perolehan medali SEA Games Kamboja 2023. Foto: Tangkapan Layar games.cambodia2023.com
.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs