Selasa, 30 April 2024

Soal Pembentukan Tim, Bima Sakti Belum Komunikasi Dengan Dirtek PSSI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bima Sakti Tukiman diumumkan sebagai pelatih Timnas U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Foto: PSSI

Bima Sakti pelatih tim nasional Indonesia U-17 mengaku belum melakukan komunikasi dengan Frank Wormuth Direktur Teknik (Dirtek) PSSI mengenai pembentukan tim.

“Belum (ada komunikasi). Nanti ketemu dengan dirtek yang baru, saya akan bicara banyak lagi terkait dengan pembentukan tim, dan kalau memang (masukannya) sesuai, saya akan terapkan di timnas U-17,” kata Bima Sakti dilansir Antara., Kamis (27/7/2023).

Bima Sakti mengungkapkan telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pelatih timnas Indonesia, yaitu Shin Tae Yong pelatih timnas Indonesia senior, Indra Sjafri  pelatih timnas Indonesia U-23 dan Luis Milla mantan pelatih timnas Indonesia untuk meminta saran terkait dengan pembentukan tim.

“Saya ambil semua ilmu dari mereka, mana yang cocok termasuk dari pelatih STY, dari pelatih Indra, kemudian kemarin mohon maaf saya juga sempat ketemu pelatih Luis Milla. Saya sempat ketemu dan banyak memberikan masukan ke saya,” ungkap Bima Sakti.

Sebelumnya PSSI menetapkan Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih untuk timnas U-17. Pria asal Jerman itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim Merah-Putih saat berkompetisi di Piala Dunia U-17 pada November mendatang.

Tanggung jawab Frank mencakup analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats), membentuk staf kepelatihan dan staf yang solid, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan dan implementasi program, serta melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap modul yang dijalankan tim pelatih U-17.

Bima Sakti kemudian akan memimpin timnas Indonesia U-17 yang nanti berpindah pemusatan latihan (TC) dari Jakarta ke Bali pada Minggu mendatang karena akan diagendakan menjalani pertandingan uji coba menghadapi tim akademi dari klub LaLiga Barcelona Juvenil A (U-18) dan akademi dari klub J-League Kashima Antlers.

Tim Garuda United-U17 (penamaan untuk uji coba melawan klub) diagendakan akan menghadapi Barcelona Juvenil A pada 2 Agustus dan akademi Kashima Antlers pada 5 Agustus mendatang. (ant/bnt/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs