Jumat, 3 Mei 2024

Tidak Dapat Izin dari Kepolisian, Laga Persebaya vs Persikabo Batal Digelar

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pemain Persebaya saat latihan bersama di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Rabu (11/1/2023) untuk persiapan menatap putaran kedua liga 1 2022/2023. Foto: Persebaya

Pertandingan antara Persebaya melawan Persikabo 1973 yang akan diadakan pada Sabtu (14/1/2023) mendatang, di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, dipastikan batal digelar.

Ram Surahman Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Persebaya mengatakan, dari hasil rakor yang dipimpin Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo Wakapolda Jawa Timur (Jatim), tidak mengeluarkan izin pertandingan di wilayah Jatim untuk tanggal 14 Januari 2023.

“Hasil rakor tadi begitu, pertandingan Persebaya vs Persikabo tidak ada izin. Alasannya masa pengurusan tidak sesuai Perpol 10/2022. Yakni pengurusan izin minimal 14 hari,” ujar Ram dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Rabu (11/1/2023).

Dengan keputusan tersebut, pertandingan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di hari yang sama otomatis juga batal.

Ram mengatakan, Persebaya sudah menyampaikan argumentasi bahwa keterlambatan pengurusan izin tak semata kesalahan klub. Karena, jadwal dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) diterima pada 2 Januari lalu.

“Kita baru dapat jadwal awal Januari lalu. Kurang dari 14 hari sesuai syarat Perpol. Sudah kami sampaikan situasinya seperti itu. Tetapi tetap tidak diterima,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ram mengatakan, bahwa aturan main yang tertuang di Perpol 10/2022 itu, tidak berlaku di luar Jatim, karena beberapa laga tunda bisa digelar.

Seperti laga PSS Sleman vs Persija Jakarta pada (8/1/2023), PSIS vs Bhayangkara FC pada (9/1/2023), Barito Putera vs PSM Makassar pada (10/1/2023) dan laga big match Persib vs Persija yang berlangsung kemarin.

“Kami sudah kirim surat ke LIB menjelaskan situasi yang ada. Kami minta penundaan pertandingan, kemudian pihak Polda Jatim akan meneruskan ke Mabes Polri juga,” katanya.

Ram menambahkan, Panpel Persebaya sudah mengantongi sederet dokumen sebagai syarat digelarnya pertandingan, seperti izin Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik terkait penggunaan stadion, termasuk izin wilayah dari Desa, Camat, Koramil dan Polsek Kebomas.

“Sebetulnya secara persiapan sudah lumayan siap. Semua sudah kantongi. Tinggal rekomendasi dari Polres Gresik. Tetapi rakor memutuskan seperti itu. Kami hormati keputusan tersebut. Segera kami bersiap untuk pertandingan selanjutnya,” ujarnya.

Setelah ini, Persebaya dijadwalkan akan bertanding di kandang melawan Bhayangkara FC pada Senin (23/1/2023) dan kembali mengajukan Stadion Gelora Joko Samudro Gresik. (ris/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs