Jumat, 3 Mei 2024

Tim Dayung Indonesia Sabet Tiga Medali Perunggu di Asian Games Hangzhou

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tim Dayung Indonesia saat istirahat usai berlomba pada final nomor Doubles Sculls Asian Games 2022 di Fuyang Water Sports Center, Hangzhou, China, Minggu (24/9/2023). Foto: Antara

Tim dayung Indonesia berhasil membawa pulang tiga medali perunggu dalam Asian Games Hangzhou, pada Minggu (24/9/2023).

Perunggu bagi tim dayung Indonesia itu, sekaligus tercatat sebagai medali pertama bagi Kontingen Merah Putih yang dipersembahkan oleh Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri dari nomor lightweight women’s double sculls yang dilombakan di Fuyang Waters Sports Centre.

Chelsea dan Mutiara sempat tertinggal di peringkat empat sebelum akhirnya menyalip pasangan Iran Kimia Zarei/Nazanin Malaei pada menit terakhir.

Muhammad Hadris Pelatih tim dayung Indonesia mengatakan bahwa persaingan di cabang dayung Asian Games kali ini sangat berat, karena menurutnya, tuan rumah menurunkan kekuatan tim utamanya.

“Di sini sangat menarik sebenarnya. Kami melihat China dengan tim A-nya, jadi persaingannya sangat berat karena kita tahu China adalah tim dayung terbaik di Asia,” ucapnya saat dilansir dari Antara.

Dengan kondisi tersebut, ia kemudian fokus untuk bersaing dengan negara lain, seperti Uzbekistan dan India.

“Karena kami tahu kami bisa mengalahkan mereka,” katanya.

Sebelumnya, ia mengaku bahwa telah melihat progres tim Indonesia yang pernah mengalahkan China di ajang Piala Dunia Dayung II di Varese Italia, tetapi waktu itu China hanya menurunkan tim B.

“Dari sana kami berharap mudah-mudahan China itu memilih tim B mereka, akan tetapi ternyata mereka mengerahkan semua tim A-nya yang ikut kejuaraan dunia kemarin,” ucapnya.

Tiga medali perunggu itu, kata dia, tetap menjadi hasil manis bagi tim dayung Indonesia, karena peta persaingan yang ada cukup ketat.

“Meskipun dari awal ketika kami melihat babak heat dan repechage, lalu pelatih strategi melihat catatan waktu negara-negara lain, kami menyadari ini sangat keras persaingannya. Namun demikian, kami hanya berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan medali,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan, jika mental pantang menyerah yang dibangun oleh tim dayung Indonesia menjadi poin penting, sehingga tidak kehilangan kesempatan meraih medali.

Sebagai informasi, Indonesia menyisakan tiga laga final A pada hari terakhir cabang dayung yaitu di nomor men’s four, women’s quadruple sculls, dan men’s quadruple sculls.(ant/ris/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs