Sabtu, 11 Mei 2024

Timnas Indonesia Kalahkan Turkmenistan, Shin Tae-yong Jajal Skema Tiga Bek

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Selebrasi Egy Maulana Vikri setelah mencetak gol untuk Timnas Indonesia pada menit ke-90+1. Foto: PSSI

Kemenangan berhasil dipetik tim nasional (Timnas) Indonesia ketika berhadapan dengan Turkmenistan dengan skor 2-0. Yang menarik, Shin Tae-yong sebagai head coach menggunakan tiga skema yang berbeda di pertandingan ini.

“Tim kami belum lengkap. Sebab ada pemain yang saat ini bergabung dengan Timnas U-23. Jadi kami gunakan tiga bek pada babak pertama,” ujar Shin Tae-yong usai pertandingan, Jumat (8/9/2023) malam.

Pelatih asal Korea Selatan ini menggunakan skema 3-4-3 pada babak pertama. Dengan Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Alfeandra Dewangga sebagai trio di lini elakang.

“Kemudian kami menggantinya menjadi 4-4-2 pada babak kedua karena kami ingin lebih menyerang. Pada menit akhir kami mengganti taktik kembali dengan 3-4-3,” ujarnya.

Pada babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Egy Maulana Vikri dan mengganti Dewangga. Sehingga Jordi dan Sandy menjadi duo tower di jantung pertahanan. Sementara Edo Febriansah dan Asnawi Mangkualam sebagai full-back.

Kemudian memasuki lima menit sebelum bubaran, Shin Tae-yong kembali bermain dengan tiga bek. Kali ini Jordi Amat didampingi Wahyu Prasetyo dan Andy Setyo.

Timnas Indonesia menang 2-0 di laga ini. Dua gol skuad Garuda dicetak Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs