Minggu, 5 Mei 2024

Timnas U-16 Belajar Langsung ke Jawara Piala Dunia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI bersama para legenda sepak bola dunia, menularkan ilmu kepada pemain muda Indonesia. Foto: PSSI

Legenda-legenda sepak bola dunia berbagi ilmu kepada 50 pemain muda Timnas Indonesia pada Kamis (1/6/2023). Para legenda itu adalah Marco Materazzi, Eric Abidal, Juan Sebastian Veron, Giorgos Karagounis, serta Roberto Carlos.

Mereka memang bukan sosok sembarangan. Roberto Carlos dan Materazzi bahkan pernah membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia.

Roberto Carlos mengantarkan Brasil juara Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Ia juga panen gelar bersama Real Madrid. Baik di kompetisi LaLiga maupun Liga Champions.

Sementara Materazzi membawa Italia menjadi pemenang Piala Dunia 2006 di Jerman. Matrix, sapaannya berhasil mengantarkan Inter Milan juara Serie A dan Liga Champions.

Abidal pun meraup sukses besar bersama FC Barcelona. Veron juga demikian. Ia pernah merayakan gelar juara Premier League dan Serie A. Sedangkan Giorgos Karagounis berhasil mengantarkan Yunani juara Euro 2004.

Erick Thohir Ketua Umum PSSI ingin anak-anak muda belajar dari kelima legenda ini. Bahwa mereka punya semangat luar biasa untuk menjadi pemain hebat di klub maupun tim nasional.

“Dari para legenda ini kita (dapat) belajar bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Mereka fight (berjuang keras) untuk mencapai mimpinya,” kata Erick dalam keterangan resminya.

Berkaca dari pengalaman para legenda ini, Erick memotivasi pemain muda bahwa tidak ada yang tidak mungkin diraih.

“Indonesia selalu dibilang sebagai underdog (tidak diunggulkan). Inilah mentalitas yang kita harus bongkar. Terutama kalian di Timnas U-16, U-17 ke depan. Kalau kita punya mimpi, kita kerja keras, bisa,” pinta Erick. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs