Selasa, 14 Mei 2024

Tumbang 0-1 Atas Persija, Tren Positif Persebaya Terhenti

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Paulo Victor mendapat pressing dari Hanif Sjahbandi dalam laga Liga 1 Persebaya menjamu Persija, Rabu (5/4/2023). Foto: Persebaya

Tren positif Persebaya Surabaya harus terhenti setelah tumbang atas Persija Jakarta dengan skor tipis 0-1 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, pada Rabu (5/4/2023).

Dalam pertandingan pekan ke-32 itu, Persebaya langsung keluar melakukan serangan ke area pertahanan Persija. Namun, permaian menekannya masih belum membuahkan hasil.

Upaya Persebaya di menit-menit awal yang gagal itu kemudian dimanfaatkan dengan cepat oleh Persija Jakarta. Alhasil, serangan balik Persija mempu membuahkan gol, yakni pada menit keenam.

Witan Sulaeman yang menguasai bola melepaskan tendangan dan berhasil mengoyah gawang Persebaya yang dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadi. Skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Persija.

Tertinggal satu gol, Persebaya lebih menggencarkan serangan. Tetapi, usahanya untuk menyamakan kedudukan juga masih belum menemui sasaran.

Suasana pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, pada Rabu (5/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Memasuki menit ke-22 justru Persija yang kembali mendapat kesempatan. Melalui skema serangan balik yang apik, para pemain tim ibu kota mampu masuk ke dalam area kotak penalti Persebaya. Tapi beruntung, Ernando sigap mengamankan gawangnya.

Persebaya kembali mencoba menekan barisan pertahanan Persija. Pada menit ke-25 Paulo Victor mendapat kesempatan saat berada di dekat kotak penalti Persija, namun tendangannya masih bisa dihalau oleh kiper lawan.

Tak berselang lama, pada menit ke-31, giliran Ahmad Nufiandani mendapat kesempatan di depan mulut gawang, tapi lagi-lagi finishing-nya masih dapat digagalkan oleh Andritany Ardiasyah.

Serangan dari kedua kubu terus dilakukan, tapi tidak ada gol yang bertambah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persebaya kembali mengambil inisiasi cepat untuk menekan, umpan pendek yang dilakukan berhasil menembus area kotak pinalti lawan, tapi finishing skuad Green Force kembali belum menemui sasaran.

Pada menit ke-54 Ahmad Nufiandani kembali berhasil lepas dari pengawalan barisan pertahanan Persija, tetapi sontekannya juga belum bisa menjebol gawang Persija.

Memasuki menit ke-71 Persebaya mendapat peluang melalui tendangan bebas, Rizky Dwiyan Aprilianto yang dipercaya menjadi eksekutor, tendangannya berhasil terlebih dahulu diantisipasi oleh pemain Persija.

Selang tiga menit, Persebaya kembali mendapat peluang melalui bola mati di dekat kotak penalti, tetapi Brylian Aldama yang berkesempatan mengeksekusi, tendangannya juga masih belum membahayakan lawan.

Asik menyerang, Persija kembali memanfaatkan situasi dengan melakukan serangan balik cepat, tapi kali ini benteng pertahanan Persebaya dapat sigap mengantisipasi.

Berada di menit tambahan waktu, Persebaya tak mengendorkan serangan, skuad anak asuh Aji Santoso itu terus menekan pertahanan Persija, dan sempat terjadi gol di menit akhir, tapi wasit terlebih dahulu menganggap terjadi pelanggan dan gol gagal tercatat.

Hingga Dwi Purba Adi Wicaksana wasit yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluit panjang, skor tidak berubah dan kemenangan berhasil diraih Persija. (ris/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
29o
Kurs