Kamis, 25 Juli 2024

Tumbang di Dua Laga, Pertahanan Persebaya Jadi Fokus Perbaikan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pemain Persebaya saat berebut bola dengan pemain PSM Makassar dalam laga lanjutan Liga 1 putaran kedua. Foto: Persebaya

Persebaya Surabaya menelan dua kali kekalahan beruntun, yakni saat melawan Bali United di pekan ke-25 dan saat menjamu PSM Makassar di pekan ke-26.

Dalam dua hasil minor yang didapat Persebaya itu, sebanyak lima gol telah bersarang ke gawang tim berjuluk bajol ijo. Dua diantaranya merupakan gol bunuh diri.

Atas hasil tersebut, Aji Santoso Pelatih Persebaya menyatakan, akan segera melakukan perbaikan dalam permainan skuad Persebaya, terutama di barisan pertahanan.

“Di beberapa pertandingan ini kami kebobolan. Kami akan memperbaiki lini belakang, supaya kembali ke track di jalur kemenangan,” ucapnya saat berada di Gresik, pada Jumat (24/2/2023).

Sebelumnya, ia telah menekankan pada anak asuhnya, agar ketika bertanding tidak melakukan kesalahan di area sepertiga pertahanan. Namun, hal tersebut masih terjadi, bahkan dalam dua pertandingan terjadi dua gol bunuh diri.

Meskipun begitu, mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu, tidak menyalahkan anak asuhnya, karena menurutnya pemain sudah berusaha mengamankan lini pertahanan, namun justru hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Tidak ada unsur kesengajaan, itulah sepak bola siapa pun bisa bunuh diri, Alwi menghalau bola, dia lari kencang dan jatuh di kaki lemahnya yang seharusnya keluar tapi masuk ke gawang,” jelasnya.

Ia menegaskan, setelah kembali mendapat hasil negatif, ia tidak mau larut dalam kesedihan. Pelatih asal Kepanjen Malang itu menekankan agar seluruh pemain bangkit dan kembali ke performa terbaiknya masing-masing.

“Memang kemarin target saya di dua pertandingan nilainya minimal empat untuk kami bisa mengejar tiga besar lebih ringan, tetapi dengan kekalahan ini, bukan tidak ada, tetapi lebih berat peluangnya untuk tiga besar. Yang jelas, saya akan evaluasi,” paparnya.

“Dan saya ingatkan ke pemain, mau menang atau kalah, senang dan sedih secukupnya. Besok sudah berjuang lagi, supaya kita kembali meraih kemenangan,” tambahnya.

Dengan hasil tersebut, saat ini Persebaya masih berada urutan ketujuh klasemen sementara Liga 1 dengan raihan total 37 poin dari sebanyak 24 pertandingan musim ini.

Sedangkan, PSM Makassar masih kokoh berada di puncak klasemen, dengan berhasil mengoleksi sebanyak 56 poin dari total 26 pertandingan di musim ini.(ris/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
29o
Kurs