Sabtu, 27 April 2024

United Cup 2024 Ajang Pemanasan Petenis Ganda Campuran sebelum Tampil di Olimpiade Paris

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jessica Pegula petenis ranking lima dunia akan dipasangkan dengan Taylor Fritz untuk mewakili Amerika Serikat di United Cup 2024. Foto: Tennis Australia

Tidak hanya digelar di arena Olimpiade Sydney 2000, United Cup 2024 memiliki arti khusus pada tahun Olimpiade mendatang.

Sebab, United Cup 2024 yang akan berlangsung 29 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 menjadi kesempatan langka bagi petenis untuk mendapatkan waktu bertanding yang berharga di sektor ganda campuran.

Melansir Antara, United Cup merupakan satu-satunya ajang yang mempertandingkan ganda campuran yang disetujui secara resmi di luar turnamen Grand Slam dan pesta olahraga empat tahun sekali Olimpiade.

Tenis kembali ke Olimpiade Musim Panas pada 1988, namun ganda campuran tidak dimasukkan hingga 2012 dan undian dibatasi hanya 16 pasang.

“Saya sangat bersemangat untuk Olimpiade, Saya jelas berada dalam posisi bagus untuk berangkat (ke Paris 2024), jadi menurut saya sangat keren bisa berangkat dua kali (setelah Tokyo 2020).” ujar Jessica Pegula peringkat lima dunia yang akan mewakili tim AS bersama petenis sesama sepuluh besar Taylor Fritz, Minggu (24/12/2023).

“Bermain dengan Taylor, dia mungkin akan ikut serta, jadi bisa mendapatkan pengalaman itu sekarang, sebelum berangkat ke Paris, akan sangat istimewa,” kata Pegula.

Pegula dan Fritz bukan satu-satunya petenis yang berkompetisi di United Cup dengan tujuan Olimpiade. Bagi Storm Hunter dan Matt Ebden bintang ganda campuran Australia, United Cup adalah ajang yang sangat menarik untuk diikuti karena alasan tersebut.

“Ketika saya dan Matt mulai berbicara tentang ganda campuran tahun depan dengan gagasan Olimpiade, jelas dia mengalami tahun yang luar biasa dan kami adalah tim Olimpiade yang potensial untuk ganda campuran,” kata Hunter, petenis ganda WTA No.1 dunia.

“Saat kami berbicara, United Cup adalah prioritas kami, ini adalah kesempatan lain untuk memainkan beberapa pertandingan sebelum Olimpiade, jika kita akhirnya mengambil jalur tersebut, ini adalah kesempatan bagus untuk berlatih, tampil di lapangan bersama-sama dan saya pikir ini adalah kesempatan besar dan tentunya mempersiapkan kami untuk menghadapi Paris,” ujar Hunter.

Bintang-bintang China yang sedang naik daun, Zheng Qinwen dan Zhang Zhizhen akan mewakili negara mereka dalam debut tim China di United Cup.

Keduanya baru saja memenangi medali emas tunggal di Asian Games dan meskipun tunggal tetap menjadi prioritas mereka, duet Zheng dengan Zhang dapat menambah pengalaman mereka untuk Olimpiade.

“Untuk saat ini saya lebih memikirkan tunggal putra di Olimpiade, tapi tentu saja, jika kita memiliki kesempatan itu di ganda campuran di Australia, maka kita jelas akan membicarakan Olimpiade ganda campuran (di Paris 2024),” kata Zheng.

Di luar itu, tim-tim bertabur bintang lainnya di United Cup 2024 mengincar medali emas.

Iga Swiatek dan Hubert Hurkacz dari tim Polandia, yang tidak terkalahkan di ganda campuran United Cup 2023 dan kembali untuk edisi 2024, telah mengindikasikan bahwa mereka ingin bergabung dengan tim nasional di Paris 2024.

Maria Sakkari dan Stefanos Tsitsipas dari tim Yunani menjadi unggulan kedua di ganda campuran Olimpiade Tokyo 2020, namun gagal meraih medali. Paris 2024 bisa jadi peluang mereka untuk menebus kesalahan tersebut. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs