Minggu, 28 April 2024

KONI Pusat Target Tambah Jumlah Atlet yang Lolos ke Olimpiade Paris

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Olimpiade 2024 akan berlangsung di Paris, Prancis pada 26 Juli 2024 hingga 11 Agustus 2024. Foto: Reuters

Lukman Djajadikusuma Sekjen KONI Pusat menargetkan pertambahan jumlah atlet yang bisa lolos dan tampil di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

“Target (mengenai jumlah medali) masih belum ada (pembicaraan). Yang jelas, harapannya akan lebih banyak atlet yang bisa lolos ke Olimpiade Paris, dibandingkan dengan Olimpiade 2020 di Tokyo,” ungkap Lukman dilansir Antara,  Minggu (17/12/2023).

Sebelumnya, kontingen Indonesia diperkuat 28 atlet + 1 alternated athlete pada saat Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Lalu sejauh ini baru lima tiket yang diamankan oleh atlet Indonesia di Olimpiade 2024.

Kelima tempat itu diisi oleh Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa pemanah, Rifda Irfanalutfi pesenam, serta Made Rita dan Rahmad Adi Mulyono atlet panjat tebing.

KONI pusat optimistis dengan peluang Indonesia untuk menambah jumlah atlet yang bisa bersaing di Paris tahun depan. Hal itu menyusul masih adanya sejumlah turnamen penting untuk pengumpulan poin dan kualifikasi di beberapa cabang olahraga andalan, termasuk bulu tangkis hingga angkat besi.

“Harapannya, atlet kita lebih banyak yang lolos bila dibandingkan di Tokyo. Kemudian tradisi medali bisa dipertahankan, baik itu dari bulu tangkis, angkat besi, dan sekarang harapannya bertambah dari panjat tebing karena atlet-atlet kita pemegang rekor dunia,” ujarnya menambahkan.

Lukman melanjutkan, kini persiapan jelang Olimpiade 2024 Paris tengah dilakukan oleh berbagai pihak terkait, termasuk federasi masing-masing cabang olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan KONI Pusat.

“Dan tentunya koordinasi antara stakeholder harus lebih baik dukungannya, agar atlet-atlet kita bisa menuju Olimpiade, baik itu untuk yang sudah lolos maupun masih mengikuti kualifikasi. Yang sudah lolos ini benar-benar harus dipersiapkan,” kata Lukman.

“Tentunya selalu ada ruang (untuk berkembang). Setelah periode lalu kita terkena dengan kondisi pandemi, kita sekarang bersama-sama dan lebih kuat, bersatu untuk berprestasi untuk Indonesia,” ujarnya menambahkan. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs