Kamis, 16 Mei 2024

Usai Gasak Malaysia, Timnas Basket U-16 Buka Peluang Lolos Kualifikasi SEABA

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Timnas Basket Indonesia U-16 saat menghadapi Timnas Malaysia dalam FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifier yang berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya, pada Selasa (18/7/2023) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Timnas Basket Indonesia U-16 berhasil mencatatkan kemenangan pertama setelah membungkam Timnas Malaysia dalam FIBA U-16 Asian Championship Southeast Asia Basketball Association (SEABA) Qualifier yang berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya, pada Selasa (18/7/2023) malam.

Kemenangan itu sekaligus menjadi peluang bagi Indonesia untuk lolos di Kualifikasi SEABA dengan satu pertandingan lagi melawan Filipina, setelah sebelumnya kalah atas Thailand.

Pada awal pertandingan melawan Malaysia, skuad Garuda sempat dibuat kewalahan menghadapi permainan tim dengan julukan Harimau Malaya tersebut. Tercatat, pada kuarter 1 Indonesia tertinggal 21-30 atas Malaysia.

Memasuki kuarter 2, Timnas Indonesia mampu mengimbangi permainan Malaysia dengan melesakkan 25 poin, sedangkan Malaysia mencatatkan 14 poin, sehingga skor menjadi 46-44 keunggulan untuk Indonesia.

Di kuarter 3, pebasket muda Indonesia mampu memperlebar keunggulan dengan memasukkan 24 poin, sedangkan Malaysia hanya menorehkan 13 poin dalam satu kuarter. Hasil itu membuat posisi Indonesia memimpin dengan mengubah papan skor menjadi 70-57.

Berada di kuarter akhir, Malaysia menggencarkan serangan dan mampu meraih 23 poin, tetapi skuad Garuda tetap mampu mempertahankan keunggulan setelah menambah 13 poin, dan hasil akhir kemenangan untuk Indonesia 83-80.

Liem Filixs Pelatih Timnas Basket Indonesia U-16 menyatakan, kemenangan timnya hari ini tidak lepas dari permainan bagus yang ditunjukkan anak asuhnya sepanjang laga.

“Hari ini kita start bagus, anak-anak bisa menjalankan perannya sebagai pemain harus bagaimana,” ucapnya seusai pertandingan.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa untuk menatap laga penentuan lawan Filipina nanti malam, pihaknya tetap akan melakukan perbaikan untuk meraih hasil maksimal.

“Besok akan akan melawan Filipina, yang calon juara, moga anak-anak bisa tampil lebih bagus lagi,” ujarnya.

Dalam pertandingan kali ini, Timnas Indonesia diperkuat oleh Lodewyk Jason Hendrawan, Efrael Yerusyalom Enrichia, I Ketut Bayu Prayoga Putra, Timothy Marvel Christiano, Riovaldo Renjiro Leonardy.

Selain itu, ada juga Matthew Owen Lee, Hosea Yedija Setiawan, Ingvar Abramovich Rusli, I Gede Bidiseka Sughania Dananjaya, I Gede Ngurah Putu Krisnanjaya, Gerrard Matthew Boentara, dan Stephen Sundinata.

Sedangkan Timnas Malaysia diperkuat oleh Yen Joon Chua, Wei Lin Khoo, Tze Hen Brandon Kho, Tze Xuan Juan, dan Elvin Hoo.

Selain itu, ada juga Jie Han Tan, Jia Xun Ashton Lai, Jian Wei Tan, Jia Yu Ivan Chia, Kar Tung Goh, Kang Jun Gideon Chee, Hao Zhe Ivan Lee. (ris/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs