Jumat, 3 Mei 2024

Ikut London Marathon, Misbakhun Incar Medali Lomba Lari Bergengsi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mukhamad Misbakhun anggota DPR mengikuti ajang TCS London Marathon 2024 yang digelar Minggu (21/4/2024). Foto: istimewa

Sibuk sebagai anggota DPR sembari mengejar gelar doktor tidak membuat Mukhamad Misbakhun meninggalkan hobinya berolahraga lari. Politikus Partai Golkar itu pun rela berlari dalam suhu dingin pada ajang TCS London Marathon 2024 yang digelar Minggu (21/4/2024).

Misbakhun mempersiapkan diri secara serius demi mengikuti lomba bergengsi itu. Pria kelahiran 29 Juli 1970 itu giat berlatih meski harus menghadapi sederet agenda penting.

“Persiapan menuju London Marathon bertemu beberapa pekerjaan besar. Ada Pemilu 2024, lalu harus menyelesaikan ujian sidang tertutup S3, bertemu bulan puasa Ramadan, berlanjut puasa Syawal enam hari dan lanjut puasa Daud,” tutur Misbakhun.

Anggota Komisi XI DPR yang kembali terpilih menjadi legislator hasil Pemilu 2024 itu terbang ke London pada hari terakhir puasa Syawal atau pada 16 April lalu. “Sambil puasa 22 jam,” imbuhnya.

Upaya Misbakhun tak sia-sia. Dia berhasil mencapai garis finis London Marathon dengan waktu 3 jam: 48 menit: 49 detik.

Misbakhun berlari menempuh jarak 42,164 Km menyusuri jalanan London dengan pace atau kecepatan 5:25/Km. “Ini catatan terbaik saya untuk marathon level dunia,” tuturnya.

Namun, kegigihan Misbakhun berlatih di negeri tropis belum cukup untuk finis di bawah waktu 3 jam pada London Marathon 2024. Selama berlari bersama puluhan ribu pelari di TCS London Marathon 2024, Misbakhun harus menghadapi suhu dingin dibawah 9 derajat dan terpaan angin.

“Ternyata tidak semua rencana bisa berjalan. Pelajarannya, siksaan saat latihan ternyata masih kurang sehingga perbedaan suhu dan cuaca masih bisa menjadi siksaan saat race (lomba, red). Next (selanjutnya) harus latihan lebih keras,” ujarnya.

Memang Misbakhun masih punya ambisi lain untuk mengikuti berbagai lomba maraton level internasional, yakni Tokyo Marathon, Boston Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon, dan New York Marathon

“Saya sedang berburu six stars medal dari world major marathon,” katanya.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs