Minggu, 14 Juli 2024

Leclerc Sebut Ferrari Berada di Jalur yang Tepat untuk Menyaingi Red Bull

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aksi Charles Leclerc (Ferrari) dalam sesi latihan bebas dalam Saudi Arabian Grand Prix di Jeddah Corniche Circuit. Foto: Ferrari

Charles Leclerc (Ferrari) menilai timnya telah berada di jalur yang tepat untuk menjadi pesaing terdekat Red Bull pada ajang Formula 1 musim 2024.

“Saya pikir kami melakukan langkah-langkah kecil ke arah yang benar. Kami perlahan-lahan menutup kesenjangan (dengan Red Bull) tersebut,” kata Leclerc dikutip Antara, Selasa (12/3/2024).

Kepercayaan diri itu muncul menyusul hasil positif yang dibukukan oleh Ferrari pada dua seri balapan pembuka musim ini.

Pada balapan pembuka di Bahrain, Leclerc berhasil meraih P2 pada kualifikasi, sementara Carlos Sainz (Ferrari) finis P3 pada balapan utama, dengan Leclerc tepat berada di belakangnya.

Selanjutnya pada GP Arab Saudi akhir pekan lalu, Leclerc kembali merebut posisi runner up pada kualifikasi, dan merebut podium P3 pada balapan utama.

Pembalap asal Monaco tersebut melanjutkan, selama enam hingga tujuh bulan terakhir, Ferrari merupakan salah satu tim di grid yang mengalami peningkatan paling signifikan bila dibandingkan dengan musim lalu.

“Kesenjangannya (dengan Red Bull) masih cukup besar, tapi jika kami terus bekerja seperti itu, saya yakin hanya masalah waktu sampai kami bisa memberikan tekanan yang lebih besar kepada Red Bull,” ujarnya.

Lebih lanjut, Leclerc mengatakan kemajuan keseluruhan tim juga terlihat dari penampilan Oliver Bearman pembalap cadangan Ferrari, yang melakukan debutnya di kelas balap F1, menggantikan Sainz yang menjalani operasi radang usus buntu.

Bearman, pembalap kelas F2 yang masih berusia 18 tahun, finis di posisi ketujuh pada balapan utama di Sirkuit Jeddah Corniche, berada di depan para kompatriotnya, Lando Norris (McLaren) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

“Ia menghadapi seluruh situasi ini dengan begitu tenang tapi juga penuh semangat, dan itu sangat mengesankan, begitu banyak kegembiraan,” ucapnya.

“Saya pikir ia telah menunjukkan kemampuannya kepada semua orang. Dengan penampilan seperti itu, hanya masalah waktu sebelum kita melihatnya secara permanen di paddock Formula 1,” tambahnya.

Sementara itu, Ferrari kini berada di posisi kedua, dan tertinggal 38 poin dari Red Bull di klasemen konstruktor setelah dua grand prix tahun ini.

Untuk Leclerc sendiri, kini berada di posisi ketiga pada klasemen pembalap dengan total 28 poin terkumpul. Ia berada di belakang Verstappen dan Sergio Perez duo Red Bull Max dengan masing-masing 51 poin dan 36 poin. (ant/ike/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
23o
Kurs