Minggu, 21 Juli 2024

PASI Andalkan Lalu Muhammad Zohri Lolos Kualifikasi Olimpiade 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengandalkan atlet lari Lalu Muhammad Zohri lolos kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

“Untuk proyeksi Olimpiade, satu-satunya yang kami harapkan itu Zohri karena dia sudah berprestasi mencatatkan waktu 10,03 detik,” kata Ria Lumintuarso Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PASI ketika dihubungi melalui sambungan telpon di Jakarta, Selasa (20/2/2024), dikutip Antara.

Ia menjelaskan, kemampuan Zohri (panggilan Lalu Muhammad Zohri) menunjukkan perbaikan dengan menyabet medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Sprinter Indonesia itu juga menunjukkan kemampuan berlari dengan kecepatan cukup bagus selama 10,12 detik pada Asian Games 2023 di China.

“Artinya, Zohri itu kalau latihannya normal dan bagus, maka bisa mencatatkan waktu 9,8 detik. Itu harapan kami,” kata Ria.

Ria menjelaskan, Zohri masih memiliki kesempatan mengikuti kualifikasi Olimpiade melalui sejumlah kompetisi mendatang di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

“Kemungkinan kompetisi di Thailand, Jepang, China, dan lainnya kami akan coba push ke sana,” kata dia.

Ria mengatakan, pada 2024, PB PASI tidak memiliki target lain untuk atlet senior, selain berjuang meloloskan atlet untuk bisa berkompetisi dalam Olimpiade.

PB PASI, kata dia, lebih fokus pada mempersiapkan kemampuan atlet junior dan remaja untuk menghadapi SEA Games 2025 dan kompetisi-kompetisi selanjutnya.

“Kalau SEA Games 2025 kita bisa survive, itu artinya pada 2027, 2029, kita punya banyak peluang meraih prestasi di SEA Games,” tutup Ria. (ant/azw/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs