Kamis, 30 Mei 2024

PBSI Panggil 20 Pemain untuk Piala Thomas dan Uber 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jonatan Christie (kanan) dan Anthony Sinisuka Ginting (kiri) yang turut dipanggil PBSI untuk Piala Thomas. Foto: Dok/ BWF

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memanggil 20 pemain yang terdiri dari sepuluh atlet putra dan sepuluh atlet putri, untuk berkiprah di ajang Piala Thomas dan Uber 2024.

Melansir Antara, pemilihan 20 pemain yang jadi kontingen Merah Putih ini sudah didasarkan pada hasil diskusi dengan para pelatih dan analisa performa pemain selama ini.

“Baik di Piala Thomas maupun Uber, pemilihan pemain sudah berdasarkan hasil diskusi dengan para pelatih dan juga koh Christian (Hadinata),” kata Ricky Soebagja Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rabu (17/4/2024).

“Bagaimana keseharian di pelatnas, kondisi terkini hingga performa di beberapa pertandingan terakhir,” tambah Ricky.

Nantinya, tim Merah Putih akan melakukan persiapan sebelum berkiprah pada turnamen beregu putra dan putri paling prestisius ini yang digelar pada 27 April hingga 5 Mei mendatang di Chengdu, China.

Di tim Thomas, Indonesia menurunkan kekuatan terbaik mulai dari Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan yang akan bersaing di nomor tunggal.

Sedangkan untuk nomor ganda, Indonesia dipastikan akan diperkuat oleh Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin.

“Piala Thomas dan Uber adalah turnamen beregu yang sangat penting dan melihat perjalanannya, khusus di Piala Thomas kita bisa menjadi juara di tahun 2021 di Aarhus, Denmark dan menjadi finalis dua tahun lalu di Bangkok, Thailand. Di tahun ini tim Thomas menurunkan kekuatan terbaik untuk bisa kita perjuangkan dan raih kembali supremasi kebanggaan itu,” ujar Ricky.

“Setelah turnamen menuju Olimpiade selesai, target selanjutnya adalah Piala Thomas sebelum nanti puncaknya di Olimpiade,” imbuhnya menegaskan.

Di Piala Uber, kombinasi pemain senior dan pemain muda menghiasi tim Merah-Putih. Di nomor tunggal nama-nama seperti Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Ruzana bakal menjadi andalan.

Sementara di nomor ganda tim Merah Putih bakal diisi oleh Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Lanny Tria Mayasari, Rachel Allessya Rose dan Meilysa Trias Puspitasari.

“Kembali lagi berdasarkan hasil diskusi dengan pelatih akhirnya diputuskan bersama untuk memasukkan beberapa pemain-pemain muda. Bukan hanya untuk memberikan jam terbang untuk mereka tapi bagaimana hasil di beberapa turnamen terakhir sehingga kami memilih Ruzana dan Rachel/Trias untuk masuk ke dalam tim, menggantikan Putri Kusuma Wardani dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi,” sahut Ricky.

Ricky yakin baik tim Thomas maupun Uber mampu melewati tantangan pertama yaitu lolos dari penyisihan grup dan berbicara banyak di kompetisi kali ini.

“Persiapan memang tidak panjang, hanya satu minggu lebih setelah Kejuaraan Asia kemarin tapi para pelatih pastinya sudah mempersiapkan dari jauh hari. Selain itu, dari segi kekuatan dan calon lawan, tidak jauh berbeda dengan turnamen biasanya,” kata Ricky.

“Untuk lolos dari grup baik tim Thomas maupun tim Uber saya yakin kansnya besar, tinggal bagaimana para pemain nanti bisa tampil lepas dan optimal,” pungkas Ricky.

Tim Thomas Indonesia tergabung di grup C bersama dengan India, Thailand dan Inggris. Sementara tim Uber Indonesia juga berada di grup C bersama Jepang, Hong Kong dan Uganda. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
33o
Kurs