Jumat, 3 Mei 2024

Perbasi Tempuh Regenerasi Pemain untuk Timnas 3×3

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tim nasional basket putri. Foto: Perbasi

PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) melakukan penyegaran pemain dalam membentuk skuad Timnas Basket 3×3 yang diisi oleh pebasket usia muda yang bertujuan untuk regenerasi.

“Terkait pemain muda yang kita andalkan, karena tekad kuat untuk regenerasi di timnas. Setelah di 5 on 5, kini regenerasi dilakukan di 3×3,” kata Nirmala Dewi Sekretaris Jenderal PP Perbasi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (20/2/2024), dikutip Antara.

Nirmala mengatakan alasan memilih para pemain muda karena mereka bisa lebih matang dalam beberapa kejuaraan nanti.

Dia menyebut Timnas 3×3 akan mengikuti beberapa kompetisi level internasional.

“Karena target kita jika 3×3 terus diberikan kesempatan bermain, sangat terbuka mengintip peluang lolos Olimpiade 2028,” kata Nirmala.

Alasan lain pemilihan pemain berusia muda juga karena skuad Timnas Basket 3×3 ini dipersiapkan untuk jangka panjang.

Perbasi telah memanggil enam nama untuk pemusatan latihan Timnas Basket 3×3 Putra dan Putri.

Untuk Timnas 3×3 Putra, ada Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior (Dewa United), Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan), Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights), Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah), dan Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan.

Sedangkan pada kategori putri ada Jesslyn Angelique Aritonang dari Jawa Timur. Lalu ada Adelaide Callista Wongsohardjo (GMC Cirebon), Faizzatus Shoimah (GMC Cirebon), Tasya Hery Saputera (CLS Surabaya), Angelica Jennifer Chandra (Mataram Yogyakarta), dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol (Surabaya Fever).

Untuk menangani dua tim ini, Perbasi menunjuk satu pelatih, yaitu Fandi Andika Ramadhani.

Dia akan menangani Timnas Basket 3×3 Putra sekaligus tim putri. Pelatih yang akrab disapa Rama itu menangani Timnas 3×3 Putra dalam SEA Games 2023 di Kamboja. (ant/azw)

Perbasi juga menunjuk Dwi Prasetiyono sebagai asisten pelatih dan Rizky Julian Rifai sebagai manajer operasional.

Menurut Rizky, persiapan Timnas Basket 3×3 dilakukan sedini mungkin dan dipilih pemain berusia muda untuk menjalani pelatihan jangka panjang.

“Kami ingin, ke depan, 3×3 berbicara banyak di level internasional. Karena itu, kami siapkan sejak sekarang agar tim muda ini bisa menunjukkan kualitasnya di masa mendatang. Target kita bisa menembus Olimpiade 2028,” kata Rizky.(ant/azw/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs