Sabtu, 27 April 2024

Perbasi Berencana Sekolahkan Pebasket Muda Indonesia ke Lithuania

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kedua kiri) berjabat tangan dengan Wakil Ketua Federasi Bola Basket Lithuania (kedua kanan) Valdemaras Chomicius usai menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Senin (30/100/2023). Foto: Antara Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kedua kiri) berjabat tangan dengan Wakil Ketua Federasi Bola Basket Lithuania (kedua kanan) Valdemaras Chomicius usai menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Senin (30/100/2023). Foto: Antara

Menyusul kerja sama yang baru dilakukan oleh Indonesia-Lithuania di olahraga basket, Danny Kosasih Ketua Umum PP Perbasi berencana mengirim sejumlah pebasket muda Tanah Air untuk belajar di sekolah basket Lithuania.

“Mereka membangun sekolah basket, bekerja sama dengan beberapa negara, seperti di China mengikuti sekolah basket Lithuania,” kata Danny Kosasih dilansir Antara, Senin (30/10/2023) malam.

Dannny menyebut sebanyak 1.500-an pelajar tingkat SMA di China mengikuti sekolah basket Lithuania secara daring guna mengembangkan kualitas permainan bola basket para pemain mudanya.

“Kenapa kita nggak coba aja,” sambungnya.

Diketahui, Indonesia melalui PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menjalin kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania (LTU Basketball) untuk mengembangkan olahraga bola basket Tanah Air di beberapa aspek, khususnya pada pemain muda.

Kerja sama itu dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Danny Kosasih Ketua Umum Perbasi dan Valdemaras Chomicius Wakil Ketua LTU Basketball Bidang Hubungan Internasional di Jakarta, Senin, yang akan dilanjutkan dengan berbagai program selanjutnya.

Danny berharap, Indonesia bisa mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya pada perkembangan dan pengalaman olahraga bola basket di Lithuania agar bisa meningkatkan kualitas para pebasket Indonesia.

Adapun Perbasi memilih bekerja sama dengan Lithuania karena negara kecil di Eropa Utara tersebut memiliki prestasi bola basket yang selalu konsisten di papan atas peringkat FIBA.

“Kenapa kami memilih Lithuania, karena mereka tiap Piala Dunia peringkatnya nggak pernah di bawah, selalu di atas, peringkat tiga, empat, lima,” katanya.

Lebih lanjut, Danny Kosasih menyebutkan bahwa detil kerja sama antara Perbasi dan LTU Basketball akan didiskusikan selanjutnya dengan membuat sejumlah program yang sesuai.

Beberapa program yang utamanya bakal dikembangkan adalah tentang pengembangan pemain Indonesia dari usia muda dengan pemusatan latihan, sekolah bola basket, uji tanding dan lainnya.

Selain itu ada pula rencana pengembangan pelatihan pelatih (coaching) di Indonesia, dan pengembangan pelatihan wasit Indonesia. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs