Selasa, 7 Mei 2024

Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala Asia 2023 Usai Dikalahkan Australia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Timnas Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023 usai dikalahkan Australia pada Minggu (28/1/2024) di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan. Foto: AFC Timnas Indonesia tersingkir dari Piala Asia 2023 usai dikalahkan Australia pada Minggu (28/1/2024) di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan. Foto: AFC

Perjalanan tim nasional (Timnas) Indonesia terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023. Indonesia tersingkir usai kalah 0-4 di tangan Australia pada Minggu (28/1/2024) malam.

Dalam pertandingan yang digelar di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan itu, keempat gol Australia tercipta melalui bunuh diri Elkan Baggott pada menit ke-12, Martin Boyle menit ke-45, Craig Goodwin menit ke-89, dan Harry Souttar menit ke-90+1.

Meski kalah, Timnas Indonesia sempat menekan sepanjang babak pertama. Para pemain Australia dibuat kerepotan oleh ulah anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

Permainan ofensif Timnas Indonesia dibuktikan dengan banyaknya peluang yang mereka ciptakan. Tercatat ada lima tembakan pada babak pertama. Namun hanya satu yang on target.

Timnas Indonesia terlalu sering membuang kesempatan pada paruh pertama. Berbagai kans yang diperoleh Yakob Sayuri, Rafael Struick, Marselino Ferdinan maupun Justin Hubner, selalu gagal berbuah gol.

Asnawi Mangkualam Bahar kapten Timnas Indonesia berduel dengan Jordan Bos pemain Australia dalam partai babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024). Foto: AFC

Shin Tae-yong coba melakukan perubahan pada babak kedua. Ia memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Asnawi Mengkualam Bahar. Selain itu, Yakob Sayuri juga ditarik keluar dan digantikan Rizky Ridho.

Sayangnya pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong tidak memberi dampak apa pun untuk Timnas Indonesia. Sebaliknya, serangan Skuad Garuda justru mengendur.

Situasi tersebut dimanfaatkan dengan sempurna oleh Australia. Anak asuh Graham Arnold itu mampu menambah dua gol pada penghujung babak kedua.

Kalah empat gol tanpa balas membuat Timnas Indonesia harus angkat kaki dari Piala Asia 2023. Sementara itu, Australia lolos ke babak delapan besar. Mereka akan menghadapi pemenang laga antara Arab Saudi dan Korea Selatan. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs