Jumat, 3 Mei 2024

Nanti Malam Joko Berek Ngluruk Taman Surya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Mengisi perayaan malam menjelang pergantian tahun, Senin (31/12) malam nanti Joko Berek Ngluruk Taman Surya. Pentas ludruk yang bakal menghadirkan petinggi Kota Surabaya sebagai pemainnya ini, digelar di balai kota Taman Surya.

“Latihan dan persiapan sudah dilakukan. Para pemain sudah mampu memainkan karakternya masing-masing. Mudah-mudahan nanti malam pertunjukan bisa berlangsung sesuai rencana,” kata NASAR BATITI Produser Pelaksana Ludruk Urban, Senin (31/12).

Ditemui suarasurabaya.net, sedang mempersiapkan finishing kesiapan pementasan, NASAR BATITI, membenarkan bahwa nantinya ludruk yang bakal tampil itu berbeda dengan ludruk biasanya. Sejumlah perangkat multimedia dipersiapkan untuk mendukung lakon Joko Berek Ngluruk Taman Surya.

Bercerita tentang sosok JOKO BEREK yang mencari orang tuanya, lakon ini bisa dibilang merupakan lakon yang bercerita tentang berdirinya Surabaya. Dalam perjalanannya, JOKO BEREK kemudian mengikuti lomba memanah berhadiah jabatan sebagai Adipati Surabaya.

“Yang pasti lakon ini tidak seperti aslinya. Ada banyak kritik dalam dialog-dialognya. Sekaligus ada juga banyolan yang menyindir kondisi dan keadaan Kota Surabaya saat ini. Pokoknya lain dari yang lain,” tambah NASAR BATITI pada suarasurabaya.net.

Sebelumnya, bertempat digedung utama kompleks Balai Pemuda, para pemain pendukung Ludruk Urban, dalam lakon Joko Berek Nglurug Taman Surya dalam rangka malam pergantian tahun, berlatih. Tampak hadir, diantaranya ARIF AFANDI, Kombes Pol ANANG ISKANDAR Kapolwiltabes Surabaya, CARYN Mc. CLELLAND Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, Ir. SRI MULYONO Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Pemkot Surabaya, serta Dr. MUCHLAS UDIN Asisten II Pemerintah Kota Surabaya.

Dijajaran seniman ludruk, Minggu (30/12) kemarin ikut berlatih, Cak KANCIL, Cak KARTOLO, Cak SIDIK WIBISONO dan Cak SUPALI. Sedangkan dari kalangan seniman, ada SAWUNG JABO, dan dari kalangan jurnalis, ikut tampil DIMAM ABROR Pemimpin Redaksi Harian Surya.

Lakon Joko Berek Ngluruk Taman Surya dijadwalkan, Senin (31/12) malam tampil mulai sekitar pukul 22.00 wib. Didahului penampilan Campursari, dan yang menarik, disaat pelantikan JOKO BEREK menjadi Adipati Surabaya, bertepatan sekitar pukul 24.00 wib, ditandai pesta kembang api.(tok)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs