Sabtu, 27 April 2024

Kampoeng Ramadhan Target Transaksi Rp100 Miliar

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Kampoeng Ramadhan 2014 kembali digelar. Bertempat di JX International, bazar aneka kebutuhan puasa dan lebaran ini akan dimulai sejak 2 Juli besok dan berakhir hingga 25 Juli 2014.

Hendy Mustafa, Direktur Utama JX International, Selasa (1/7/2014) mengatakan tahun ini event Kampoeng Ramadhan telah memasuki tahun ke-4. “Tahun ini kita targetkan terjadi transaksi minimal Rp100 miliar,” kata Hendy.

Kampoeng Ramadhan tahun ini akan diikuti 300 stand UKM serta 50 stan kuliner. Lokasi stand sengaja di dalam JX International sehingga para pengunjung tak lagi kawatir hujan, serta kenapasan karena sudah dilengkapi pendingin udara.

Sebelumnya Kampoeng Ramadhan memang digelar di lapangan terbuka (out-door) Parkir Selatan JX International, namun sejak dua tahun terakhir dialihkan ke dalama Gedung JX-International.

“Meskipun di dalam gedung, konsep Pasar Rakyat tetap kita pertahankan. Semua stand berada di bawah tenda kerucut yang sudah menjadi ciri khas Kampoeng Ramadhan, tetapi melihat kondisi cuaca sekarang yang masih sering hujan, event ini akan lebih aman di dalam,” kata Hendy Mustafa.

Sejak awal, Kampoeng Ramadhan didesain untuk membantu rakyat kecil dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Dari ajang ini, setidaknya juga banyak UKM yang kini telahsukses. “Banyak kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mengawali usahanya dari kampoeng Ramadhan, baik berjualan hasil produk makanan juga kebutuhan sandang. Setelah mendapatkan respon pasar, mereka langsung membuka usaha dan berkembang sampai sekarang,” kata Hendy.

Untuk Kampoeng Ramadhan kali ini, selain diikuti UKM, juga banyak intansi Pemerintah dan BUMN yang ikut meramiakan. Sejumlah binaan Dinas Perindutrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Bulog juga ikut ambil bagian.

“Sejumlah UKM akan menjual Busana Muslim dan kebutuhan Puasa serta lebaran, sementara Bulog akan menjual beras murah, dengan Bulog Mart yang menyediakan kebutuhan sembako murah. Nah yang tidak kalah penting adalah hadirnya pabrikan, tentu akan memberikan promosi dan hadiah-hadiah kepada pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, sejumlah permainan anak juga ada diantaranya seperti Trampolin, Bunci Jumping, Becak Mini, Bola Air, Mandi Bola dan lain sebaginya. “Konsep kami, Kampoeng Ramadhan ini menjadi ajang Belanja, Rekreasi dan Hiburan Keluarga selama ramadhan,” kata Moch. Djamil, dari Jazeerah Production. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs