Senin, 29 April 2024

KPK Perlu Selidiki Pertamina Dengan Naiknya Harga LPG

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

KPK perlu menyelidiki Pertamina dengan naiknya harga LPG. Pernyataan ini ditegaskan Fadli Zom wakil ketua umum Partai Gerindra.

Per 1 Januari 2014, Pertamina menaikan harga jual LPG 12 Kg, rata-rata kenaikan Rp 3.959 per Kg, disesuaikan jarak SPBBE ke supply point. Imbasnya, tentu akan terjadi kenaikan sejumlah kebutuhan pokok. Lagi-lagi rakyat menanggung beban.

Kata Fadli, KPK perlu menelusuri berbagai indikasi korupsi yang menyebabkan karut marutnya pengelolaan Migas Nasional. Perlu juga adanya audit investigatif di tubuh Pertamina. Jangan sampai Pertamina yang pada 2012 memperoleh laba mencapai Rp26 triliun, di 2013 mencapai Rp30 triliun, dan proyeksi laba di 2014 sebesar Rp34 triliun, justru menjadi mesin uang bagi para koruptor.

Menurut Fadli, kenaikan ini disebabkan karena 12 persen LPG pemerintah didapat dari hasil kilang minyak Pertamina, 31 persen dari perusahaan swasta domestik, 57 persen impor.

Tingginya impor mengakibatkan LPG 12 Kg terpengaruh nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Ini bukti praktik neoliberal. Pengelolaan Minyak dan Gas Indonesia jadi hancur berantakan.

Fadli menilai aneh, pemerintah beralasan tak bisa intervensi Pertamina dalam menentukan harga jual LPG 12 Kg. Dengan kepemilikan 100 persen saham di Pertamina, Pemerintah seharusnya bisa mengatur harga jual LPG 12 Kg agar tidak naik membebani rakyat.

Sebagaimana amanat Pasal 33 UUD 1945 dan Putusan Mahkamah Konstitusi terkait uji materi UU No. 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang menyatakan bahwa campur tangan Pemerintah dalam kebijakan penentuan harga haruslah menjadi kewenangan yang diutamakan untuk cabang produksi yang penting dan/atau menguasai hajat hidup orang banyak.(faz/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs