Selasa, 11 Juni 2024

Calon Kepala Daerah Harus Jalani Tes Bebas Narkoba

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Setelah melalui pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kabupaten/kota masing-masing, hari ini para calon kepala Daerah dari 11 Kabupaten/Kota di Jawa Timur mulai mengikuti tes kesehatan, serta psikotes yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya.

Tes yang harus diikuti para calon kepala daerah diantaranya adalah wawancara, pemeriksaan darah, urine, tes bebas narkoba, pemeriksaan penyakit dalam seperti paru, dan jantung serta tes kesehatan mata.

“Tes kesehatan merupakan tahapan dari pilkada serentak. Tes ini sudah dimulai sejak hari Selasa tanggal 28 kemarin dan akan digelar hingga Jumat 31 Agustus besok,” kata Eko Sasmito, Ketua KPU Jawa Timur, Kamis (30/7/2015).

Hasil dari tes ini selanjutnya akan diserahkan ke KPU masing-masing kabupaten/kota pada 1 Agustus mendatang.

Menurut Eko Sasmito, untuk tes kesehatan dan psikotes ini tidak hanya digelar di RS dr. Soetomo melainkan juga dilakukan di beberapa rumah sakit yang telah ditunjuk oleh KPU.

Tes sendiri dibagi dalam empat zona yaitu di Surabaya, kemudian di rumah sakit dr Soebandi Jember untuk kawasan Tapal Kuda, lantas di Saiful Anwar Malang serta di RSUD Sidoarjo.

Sementara itu untuk tes yang digelar di RS dr. Soetomo Surabaya, setidaknya diikuti oleh calon dari 11 daerah diantaranya dari Gresik, Lamongan, Tuban, Trenggalek, Ngawi, Pacitan, Surabaya, Ponorogo, Sumenep, dan Kabupaten Mojokerto.

Dari data yang ada, untuk tes kesehatan ini, Tri Rismaharini yang berpasangan dengan Wisnu Sakti Buana adalah yang pertama kali mengikuti tes dan telah dilakukan pada hari Selasa (29/7/2015). (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 11 Juni 2024
31o
Kurs