Jumat, 19 April 2024

Golkar Sudah Siapkan Pengganti Setya Novanto

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Tantowi Yahya Ketua DPP Partai Golkar mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) sudah punya calon pengganti Setya Novanto untuk menduduki jabatan sebagai Ketua DPR RI.

“Ketum tentu sudah mempunyai calon yang pantas dan siap menggantikan Setya Novanto,” kata Tantowi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (17/12/2015) seperti dilansir Antara.

Namun, Wakil Ketua Komisi I DPR RI tersebut mengatakan, hingga kini, DPP Partai Golkar belum membahas rencana pergantian Setya Novanto tersebut.

“Kami belum membahas itu. Namun sebagai partai yang kaya dengan kader-kader yang bagus dan berpengalaman, Golkar tentu punya pengganti Setya Novanto,” katanya.

“Sosoknya yang pasti seorang negarawan dan tentunya harus memperhatikan bangsa dan negara. Sangat ideal itu,” demikian Tantowi.

Fadel Muhammad Wakil Ketua Partai Golkar mengatakan, untuk menentukan siapa pengganti Setya Novanto ditetapkan dalam Rapat Pimpinan Nasional Golkar. Untuk persyaratan menjadi Ketua DPR RI, harus yang menjabat wakil ketua umum, ketua fraksi dan anggota fraksi, berpengalaman, memiliki perolehan suara yang tinggi di pemilihan legislatif (Pileg) serta merupakan fungsionaris partai.

“Dulu waktu pemilihan yang lalu, kami sudah petakan seluruhnya, Tertinggi Dapil, saya (Fadel Muhammad), Ade Komaruddin dan Setya Novanto,” ujar Fadel.

Ketua Komisi XI DPR itu juga menambahkan, hal terpenting adalah mendapat persetujuan dari Aburizal Bakrie (Ical) Ketua Umum Partai Golkar. Karena Ical yang memiliki hak prerogatif tersebut.

“Kemudian itu menjadi hak prerogatif Ketua Umum Aburizal Bakrie. Saya jadi Ketua Komisi XI juga berdasarkan pada keputusan beliau,” katanya. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs