Selasa, 14 Mei 2024

PPK Belum Bisa Lakukan Pemutakhiran Data

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari KPU RI belum turun ke KPU Daerah. Akibatnya, PPK belum bisa melakukan pemutakhiran data.

Nurul Amalia, Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data menjelaskan, seharusnya DP4 sudah selesai dan diterima KPU Kota Surabaya hari ini.

“Tetapi sampai sore ini tadi belum kami terima karena masih dalam proses sinkronisasi,” kata Nurul dalam siaran persnya, Rabu (24/6/2015).

Untuk mempersiapkan PPK dalam melakukan pemutakhiran DP4, KPU Kota Surabaya menggelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih (Bimtek Mutarlih) selama dua hari berturut-turut di kantor KPU Surabaya.

Nurul menjelaskan, dalam Bimtek kali ini KPU akan memberikan materi mengenai Coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih, serta pelatihan untuk operator Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih).

Bimtek ini menjadi penting mengingat sebagian besar PPK yang telah terpilih adalah wajah-wajah baru.

“Lagipula, aplikasi Sidalih yang telah diluncurkan, juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang harus dipelajari dan dipahami secepat mungkin,” kata Nurul.

Melalui pelatihan ini, KPU menargetkan Zero atau nol Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Karena, semakin kecil DPTb, menunjukkan bahwa pemutakhiran data pemilih berjalan dengan baik,” ujar Nurul. (den/rs)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs