Minggu, 28 April 2024

MPR Kenalkan Empat Pilar Melalui Budaya Lokal

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Lukman Edy anggota MPR dari Fraksi PKB. Foto : dpr.go.id

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dalam menyosialisasikan Empat Pilar, salah satunya melalui metode pementasan seni sesuai daerah tujuan sosialisasi.

“Kalau di komunitas Jawa biasanya bikin acara pertunjukan wayang kulit. Kalau di Jawa Barat pertunjukan wayang golek,” kata Lukman Edy anggota MPR dari Fraksi PKB dalam sosialisasi Empat Pilar di Pekanbaru, Riau, seperti dilansir Antara, Minggu (18/12/2016).

Contoh lainnya, kata dia, di Sumatera, pentas seni yang cocok antara lain berhubungan dengan masyarakat Minang, Melayu atau Batak. “Salah satunya yang cocok adalah Kesenian Irama Minang (KIM).”

Zaman dahulu, menurut Edy, misalnya pada masa Wali Songo, para wali menggunakan pentas wayang untuk mensyiarkan agama Islam.

“Padahal pada masa itu ada anggapan ada beberapa hal dalam wayang yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Meski demikian, oleh Wali Songo beberapa hal yang tak sesuai dengan nilai Islam itu diluruskan untuk menyebarkan nilai-nilai Islam,” kata Edy.

Sementara Idris Laena anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar menuturkan sosialisasi lewat pentas seni dan budaya bisa dilanjutkan di daerah-daerah lainnya. (ant/tit)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs