Minggu, 5 Mei 2024

Trump Menang di South Carolina, Clinton Rebut Nevada

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hillary Clinton. Foto: AP

Donald Trump pengusaha besar New York memenangkan pemilihan pendahuluan untuk Partai Republik di South Carolina, beberapa jam setelah Hillary Clinton memastikan kemenangan di Nevada untuk Partai Demokrat.

Ted Cruz Senator dan Marco Rubio masih bersaing ketat untuk tempat kedua di negara bagian itu.

Di Nevada, Hillary Clinton mengalahkan Bernie Sanders dalam persaingan ketat Patai Demokrat, dengan perolehan 52 persen suara.

Hasil ini akan sangat menentukan menjelang putaran `Selasa Super` alias `Super Tuesday` pada 1 Maret.

Pada hari itu, sekitar selusin negara bagian akan memilih calon Republik dan Demokrat mereka untuk pemilihan presiden 8 November, memperebutkan sekitar seperempat dari seluruh delegasi pencalonan.

Ted Cruz dan Donald Trump, bakal calon terkemuka Partai Republik, saling giliran menang di dua putaran pertama – Trump menang di New Hampshire seminggu setelah Cruz menang di Iowa.

Putaran ini akan sangat menentukan untuk kandidat Partai Republik Marco Rubio, Jeb Bush, John Kasich dan Ben Carson, yang tertinggal oleh dua bakal calon itu.

Hillary Clinton, yang memenangkan Iowa tapi kalah telak di New Hampshire oleh Bernie Sanders, menyarakan kemenangan atas Bernie Sanders di Nevada melalui cuitannya di twitter, dengan berterima kasih pada para pemilihnya, dan mengatakan “ini adalah kemenangan Anda.” Demikian BBC. (bbc/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs