Rabu, 15 Mei 2024

Debat Cagub DKI Jakarta Jadi Momentum Penting Tingkatkan Elektabilitas

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS menilai, debat Pilkada DKI Jakarta, akan menjadi momen krusial untuk meningkatkan elektabilitas bagi pasangan calon. Hal itu karena debat merupakan momentum bagi publik untuk melihat kualitas pasangan calon.

“Bahkan, debat bisa mengubah pilihan masyarakat yang sebelumnya sudah memiliki pasangan calon idaman. Pertama mungkin masyarakat sudah punya pilihan calon. Tapi karena ini Jakarta, pemilih lebih rasional, dan lebih kritis. Kalau ternyata mereka melihat sesuatu yang lebih baik dari calon lain, bukan tak mungkin mereka berubah pikiran,” ujar Hidayat di Gedung MPR RI Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Menurut Hidayat jika dalam debat ada pasanga calon yang tidak menguasai permasalahan, maka masyarakat pemilih akan berpikir ulang untuk mencoblos pasangan calon tersebut. Sebaliknya, jika nantinya masyarakat melihat selama ini ada calon gubernur yang programnya tidak mampu menjawab persoalan di DKI, mereka juga akan berpikir ulang untuk mencoblosnya.

“Makanya, ini memang momen bagi semua calon. Jakarta barometer Pilkada bagi daerah lain dengan pemilih yang kritis. Mereka tentu menginginkan calon yang berkualitas,” kata dia.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs