Kamis, 16 Mei 2024
Demokrat Dinilai Tidak Konsisten

La Nyalla Mundur dari Cagub Demokrat

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
La Nyalla M Mattaliti, Ketua Kadin ketika membuka posko Gardu Keadilan. Foto : Dok suarasurabaya.net

La Nyalla Matalitti Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, mundur dari proses pendaftaran Calon Gubernur dari Partai Demokrat. Mundurnya Nyalla karena Partai Demokrat tiba-tiba kembali memuka pendaftaran padahal proses pendaftaran awalnya sudah ditutup.

“Saya mundur dari pendaftaran pencalonan dari Partai Demokrat tanpa ada paksaan atau tekanan siapa pun. Ada inkonsistensi atas komitmen waktu pendaftaran yang sudah disepakati bersama para calon. Padahal, komitmen itu disampaikan partai di forum resmi maupun pernyataan tertulis resmi yang juga telah diketahui secara luas oleh publik melalui media massa,” kata La Nyalla, dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/10/2017).

Sekadar diketahui, Partai Demokrat kembali membuka pendaftaran calon gubernur yang sebenarnya sudah ditutup beberapa waktu lalu. Ada indikasi kuat, keputusan itu dilakukan untuk mengakomodasi salah seorang calon di luar calon yang sudah mendaftar.

“Yang patut disesalkan, perubahan jadwal ini tanpa pemberitahuan kepada calon yang sebelumnya sudah mendaftar secara sungguh-sungguh. Itu menyalahi fatsun politik yang seharusnya dipahami elite partai. Publik diberi suguhan manuver politik yang tidak elok,” kata La Nyalla.

La Nyalla mengatakan, bagi dirinya proses politik ini bukan soal menang-kalah atau kuat-lemah dalam konteks kekuasaan. Tapi harusnya proses yang ditunjukkan para elite partai bisa menunjukkan cara berdemokrasi yang beretika.

Publik saat ini membutuhkan keteladanan dari elite dan institusi politik.

La Nyalla menjelaskan, sejak hampir setahun lalu dia sudah bertekad untuk mengikuti proses politik terkait Pilgub dengan mendaftar melalui Partai Demokrat.

Sebagai bukti komitmen mewujudkan niat tersebut, La Nyalla telah mengunjungi 38 kabupaten/kota dan bertemu puluhan ribu tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, akademisi, aktivis sosial, dan berbagai elemen masyarakat untuk menyerap aspirasi mereka.

Sementara itu, saat pendaftaran kembali dibuka, Khofifah Indar Parawansa resmi mengambil formulir pendaftaran kepada Partai Demokrat. Khofifah sendiri mendaftar di menit terakhir sebelum proses pendaftaran tahap kedua ditutup. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs