Selasa, 30 April 2024

Masa Kampanye Pilgub DKI Jakarta Segera Berakhir, Tersisa Satu Debat Terbuka

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Kampanye terakhir pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di lapangan Banteng, Minggu (5/2/2017). Foto: Jose suarasurabaya.net

Masa kampanye Pilgub DKI Jakarta segera berakhir dan tinggal menyisakan satu debat terbuka yang diikuti 3 pasangan calon pada 10 Februari 2017 mendatang.

Untuk kampanye akbar tinggal satu kali lagi dan menjadi jatah Agus Harimurti dan Sylviana Murni pasangan calon nomor urut satu.

Jatah untuk pasangan Ahok dan Anies sudah habis, masing-masing diberi jatah 3 kali mengadakan kampanye akbar.

Rapat akbar terakhir ini akan digelar 11 Februari 2017 mendatang sekaligus menutup masa kampanye. Tahap selanjutnya akan memasuki minggu tenang.

Pilgub DKI Jakarta akan digelar Rabu (15/2/2017) diikuti sekitar
7,1 juta hak pilih.

Polri mengapresiasi pelaksanaan masa kampanye Pilgub DKI yang relatif aman. Diharapkan kondisi ini terjaga sampai Pilkada berakhir dengan menghasilkan pemimpin baru yang dikehendaki masyarakat DKI Jakarta.

Sehubungan dengan Pilgub DKI Jakarta, beberapa lembaga survei memprediksi tidak ada satu pun calon yang mencapai angka 50 persen lebih meskipun Ahok sumbar akan menang dalam satu putaran.

Apabila hal itu yang terjadi kemudian maka pada 15 Februari mendatang tentunya akan ada putaran kedua.

Kemungkinan putaran kedua ini sangat besar mengingat ada 3 pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang memiliki kans tinggi dalam Pilkada DKI 2017 ini.

Survei yang dilaksanakan oleh Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) juga menunjukkan belum adanya pasangan cagub-cawagub yang mampu unggul lebih dari 50 persen.

Jika pilkada dilaksanakan hari ini, paslon Agus-Sylvi akan meraih 26,8 persen suara, Anies-Sandi 26,2 persen suara. Sementara Basuki-Djarot akan menjadi juru kunci dengan meraih 25,8 persen suara. (jos/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs