Sabtu, 18 Mei 2024

KPU Kota Surabaya Sosialisasi ke UK Petra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan sosialisasi dan talkshow kerja bareng KPU Surabaya bersama BEM UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra Surabaya

“Karena Pemilu bukan seperti melempar dadu, kita semua menentukan nasib masa depan,” itulah pesan video: Suaraku untuk Masa Depan Bangsaku pada talkshow gelaran BEM UK Petra Surabaya, Jumat (8/6/2018).

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra Surabaya bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, menggelar talkshow dengan menghadirkan Nur Syamsi, S.Pd., Ketua KPU Kota Surabaya.

Pada 27 Juni 2018 mendatang, Provinsi Jawa Timur gelar pesta demokrasi pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, serta pemilihan Walikota-Wakil Walikota, dan Bupati-Wakil Bupati di beberapa Kabupaten-Kota di wilayah Jawa Timur.

Memilih calon pemimpin yang tepat untuk memimpin selama lima tahun ke depan, perlu adanya peran aktif dari masyarakat, satu diantaranya dengan cara tidak menjadi pemilih golongan putih (golput).

Mahasiswa sebagai generasi muda juga turut menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pesta demokrasi ini.

Di UK Petra Surabaya, jumlah mahasiswa yang berasal dari berbagai kota di wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) non-Surabaya dan Sidoarjo terdapat sekitar 1.000 orang mahasiswa.

Selain itu beberapa di antaranya merupakan pemilih yang baru saja mendapatkan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 ini.

Tetapi, belum seluruh mahasiswa ini benar-benar memiliki kesadaran pentingnya penggunaan hak suaranya dalam kehidupan demokrasi lewat agenda pesta demokrasi ini.

“Saat ini masih banyak masyarakat khususnya mahasiswa yang bersikap apatis, dengan adanya kegiatan ini harapannya sebagai mahasiswa dapat berperan aktif menyukseskan pilkada 2018 ini,” terang Richard Cahya, ketua kegiatan talkshow.

Talkshow sekaligus sosialisasi yang dimoderatori oleh Fanny Lesmana, S.Sos., M.Med.Kom., dengan nara sumber Nur Syamsi, S.Pd., Ketua KPU Surabaya, diikuti ratusan mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya.

“Ini kesempatan menarik, dan kami berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu, termasuk juga dalam hal meningkatkan rasionalitas politik masyarakat melalui sosialisasi Pemilu ini,” pungkas Nur Syamsi, S.Pd.

Selain sosialisasi, pada kesempatan itu juga dilaksanakan simulasi tata cara coblos oleh Relawan Demokrasi Pilgub Jatim 2018.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs