Minggu, 16 Juni 2024

DPR Sahkan Alat Kelengkapan Dewan, Selasa Mendatang

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Puan Maharani Ketua DPR RI menjelaskan kalau Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sudah terbentuk. Kata Puan, terbentuknya AKD ini juga melalui musyawarah mufakat.

“Alhamdulillah telah terbentuk alat kelengkapan dewan melalui musyawarah mufakat. Ini awal yang baik bagi DPR periode ini karena tidak sampai tiga pekan Alat Kelengkapan Dewan sudah terbentuk,” ujar Puan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Puan mengaku kalau ini sebuah kemajuan mengingat pada periode sebelumnya Alat Kelengkapan Dewan baru terbentuk setelah enam bulan pelantikan.

“Saya berharap dengan terbentuknya AKD ini, DPR segera bekerja untuk memenuhi aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Puan menegaskan, fraksi-fraksi juga menyepakati adanya 11 Komisi dan enam badan.

“Disepakati dibentuk 11 komisi, dan enam badan. Tiap komisi terdiri dari 1 ketua dan 4 wakil ketua. Total ada 17 Ketua Komisi dan Badan serta 66 wakil ketua Komisi dan Badan,” tegasnya.

Puan mengatakan, setelah semua fraksi sepakat, maka rencana pengesahannya akan dilakukan pada rapat paripurna, Selasa (22/10/2019) mendatang.

“Semua fraksi sudah sepakat dan tinggal ketok palu pada sidang paripurna pertama yang Insya Allah akan berlangsung hari Selasa depan,” kata dia.‎

Kata Puan, pembentukan AKD yang disepakati seluruh fraksi ini merupakan wujud dari prinsip gotong-royong dalam kepemimpinannya di DPR.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs