Minggu, 5 Mei 2024

Daftar Nama Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin Sudah Ada di Kantong Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Seotrisno Bachir mantan Ketua Umum PAN berharap parpol tidak menekan Presiden dalam menentukan menteri pada kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Sabtu (19/10/2019), di Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Menjelang pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, spekulasi nama-nama calon menteri makin sering terdengar.

Sejumlah nama dari kalangan akademisi, teknokrat, profesional, politisi, dan relawan kerap masuk daftar perkiraan calon pembantu presiden dan wapres, dalam berbagai jajak pendapat.

Bahkan, bukan rahasia kalau partai politik peserta Pemilu 2019 menyodorkan nama-nama kadernya untuk mengisi posisi menteri pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Menanggapi hal itu, Soetrisno Bachir mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengingatkan, urusan menteri sepenuhnya hak prerogatif Presiden.

Seharusnya, lanjut Soetrisno, partai politik tidak perlu menekan atau memasang target jumlah menteri, sehingga membuat Presiden tidak independen dalam memutuskan.

Tapi, untuk periode 2019-2024, Soetrisno yakin dengan pengalamannya, Jokowi akan memilih orang-orang yang tepat, baik dari kalangan parpol mau pun non partai.

“Urusan menteri itu serahkan kepada Presiden. Jangan partai-partai itu menekan atau membuat Presiden serba tidak independen. Tapi, saya yakin partai-partai sekarang dan Presiden pun menyadari dari pengalaman yang lama ini. Presiden akan memilih yang betul-betul dibutuhkan oleh bangsa ini baik dari partai mau pun non partai,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Lebih lanjut, Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) meminta publik sabar menunggu pengumuman nama-nama menteri pilihan Jokowi-Ma’ruf Amin yang sudah ada di kantong Presiden.

“Pertanyaan publik dan wartawan soal menteri jawabannya ada di saku Presiden,” tegasnya.

Seperti diketahui, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, hari Minggu (20/10/2019).

Upacara pengambilan sumpah jabatan akan diselenggarakan di Gedung DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Pada Jumat (18/10/2019) kemarin, Jokowi Presiden mengatakan, nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri akan diumumkan sesudah pelantikan.

Tapi, mantan Wali Kota Solo itu tidak memberikan kepastian. Dia bilang, pengumuman kabinet bisa saja dilakukan hari Minggu, Senin atau Selasa. (rid/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs