Senin, 6 Mei 2024

KPU Surabaya Mulai Distribusikan Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
KPU Surabaya mulai mendistribusikan kotak suara dan bilik suara untuk Pemilu 2019 ke kecamatan-kecamatan. Logistik Pemilu ini diangkut menggunakan truk dari gudang di kawasan Nambangan, Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mulai mendistribusikan kotak suara dan bilik suara untuk Pemilu 2019. Dua perlengkapan pemungutan suara ini diangkut menggunakan truk dari gudang di kawasan Nambangan, Surabaya, menuju ke kecamatan-kecamatan.

Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya mengatakan, jumlah kotak suara untuk Pemilu 2019 ini sebanyak 41.772 unit. Sedangkan untuk bilik suara sebanyak 32.584 unit. Pendistribusian semua perlengkapan pemungutan suara tetap berada di bawah pengawasan KPU dan polisi.

“Secara simultan, kotak suara dan bilik suara mulai didistribusikan ke 32 kecamatan di Surabaya, hari ini. Untuk perlengkapan lainnya seperti bantalan coblos, surat suara, tinta, dan segel akan didistribusikan secara bertahap,” kata Nur, Selasa (12/3/2019).

Nur Syamsi mengungkapkan, untuk kotak suara yang didistribusikan ini masih dalam kondisi terlipat dan belum dirakit. Proses perakitan akan dilakukan di masing-masing kecamatan.

Dalam hal ini, kata dia, pihak KPU memang tidak merakit kotak suara seperti di daerah lainnya. Karena gudang yang digunakan cukup terbatas dan tidak memungkinkan untuk menampung puluhan ribu kotak suara dalam kondisi sudah terbentuk.

Selain gudang, armada yang dimiliki juga terbatas. Meski demikian, proses perakitan ini tetap dalam pengawasan KPU. Dia juga memastikan, kotak suara yang dikirim ke kecamatan tidak ada kerusakan.

“Untuk perakitan memang kita berbeda dengan KPU di daerah lainnya. Perakitan kotak suara itu dilakukan di kecamatan. Karena kalau di gudang tidak cukup menampungnya. Armada kami juga terbatas. Maka kotak suara masih dalam kondisi terlipat,” kata dia.

Jumlah TPS untuk Pemilu 2019 di Kota Surabaya sebanyak 8.146 TPS. Setiap TPS akan mendapatkan lima kotak suara untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR, DPD serta presiden dan wakil presiden.

KPU Surabaya menargetkan, seluruh perlengkapan pemungutan suara ini akan selesai didistribusikan ke kecamatan pada H-15 Pemilu 2019. (ang/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs