Jumat, 26 April 2024

Presiden Melantik 12 Wakil Menteri, Ini Nama-Namanya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Acara perkenalan wakil menteri oleh Joko Widodo Presiden dan Ma'ruf Amin Wapres di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (25/10/2019). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden pada Jumat (25/10/2019) siang, melantik 12 orang Wakil Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Upacara pengambilan sumpah jabatan itu bertempat di Istana Negara, Jakarta.

Hadir dalam pelantikan, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Pimpinan DPR RI, DPD RI, MPR RI, para menteri dan sejumlah pejabat negara.

Mereka yang diangkat menjadi Wakil Menteri, masing-masing adalah Budi Gunadi Sadikin, dan Kartika Wiryoatmojo sebagai Wakil Menteri BUMN.

Zainut Tauhid Saadi sebagai Wakil Menteri Agama, Angela Herliani Hary Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Surya Tjandra Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, dan John Wempi Wetipo, sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kemudian, Wahyu Sakti Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan, Mahendra Siregar Wakil Menteri Luar Negeri, Alue Dohong Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Budi Arie Setiadi Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Lalu, Jerry Sambuaga diangkat menjadi Wakil Menteri Perdagangan, dan Suahasil Nazara sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Sebelum melantik 12 orang tersebut, Jokowi Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden, sekitar pukul 13.30 WIB, mengumumkan nama dan jabatan Wakil Menteri, di tangga ruang pertemuan Istana Merdeka.

11 orang wakil menteri kompak memakai kemeja warna putih. Cuma Angela Hary Tanoesoedibjo saja yang memakai kebaya warna merah.

Dalam pengumuman itu, Jokowi Presiden menyampaikan tugas tanggung jawab dan target yang harus dicapai oleh para wakil menteri baik jangka pendek mau pun jangka panjang. (rid/tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs