Selasa, 30 April 2024

Temukan Hampir Semua Surat Suara Tercoblos Dulu di Masalembu, Bawaslu Tindaklanjuti

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Bawaslu Jawa Timur menerima temuan hampir seluruh surat suara sudah tercoblos di Masalembu pada pemungutan suara, Rabu (17/4/2019) kemarin.

“Untuk yang di Masalembu sekitar pukul 12.00 atau 13.00 saat DPK memilih baru ketahuan kalau surat suara sudah tercoblos dulu. Atas temuan itu, pemilih minta surat suara ditukar dan setelah dibuka lagi ternyata juga sudah tercoblos dulu surat suaranya,” kata Mohammad Amin Ketua Bawaslu Jawa Timur.

Kemudian, lanjut dia, Panwascam bersama dengan Pengawas TPS melakukan pengecekan surat suara yang tersisa dan ternyata hampir semua surat suara sudah tercoblos terlebih dulu.

“Sudah tercoblos dengan alat yang seharusnya seperti paku. Sehingga pemungutan suara waktu itu langsung dihentikan saat itu juga dan akan kita rekom untuk pemungutan suara ulang (PSU),” kata Amin pada Radio Suara Surabaya.

Dugaan pelanggaran ini, kata dia, masih terus ditindaklanjuti dengan mekanisme penindakan untuk nantinya menentukan apakah akan dilakukan PSU atau seperti apa. “Karena kalau ada surat suara tercoblos ini ada upaya penggagalan seseorang tidak menggunakan hak pilihnya atau surat suara seseorang ini dibuat tidak sah dengan pencoblosan sebelumnya,” ujarnya.

Dengan kasus ini, kata Amin, Bawaslu akan melakukan kajian apakah ini masuk ranah tindak pidana Pemilu apa tidak. “Maka kami Bawaslu bersama jajaran Gakkumdu akan menindaklanjuti, klarifikasi dan investigasi siapa pelaku pencoblosan surat suara ini,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version