Sabtu, 27 April 2024

Tinjau Pengamanan Rekapitulasi Tingkat Provinsi, Kapolda Jatim Memastikan Kesehatan Tim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur meninjau pengamanan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi, di Hotel Singgasana Surabaya, Senin (6/5/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur meninjau pengamanan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi, di Hotel Singgasana Surabaya, Senin (6/5/2019).

Dia memastikan, Polda Jatim sepenuhnya mendukung pengamanan pelaksanaan rekapitulasi ini dengan menerjunkan sejumlah besar personel dari berbagai unsur.

“Kami siapkan tiga plug di lokasi ini. Satu plug isinya 170 orang. Yang menetap ada 100 orang,170 orang itu bergantian,” ujarnya.

Total ada sebanyak 510 orang personel yang disiagakan di Hotel Singgasana selama berlangsungnya rekapitulasi.

“Kami all out, ya. Ada semuanya,” ujarnya. Luki juga memastikan, di antara mereka terdiri dari tim gegana, penjinak bom (jibom), juga tim antiteror.

Demikian halnya kendaraan taktis (rantis) yang disiagakan di lokasi rekapitulasi. Ada rantis khusus penjinak bom, juga rantis jenis watercanon untuk mengantisipasi massa pengunjuk rasa.

Sistem pengamanan di Hotel Singgasana ini, kata Luki, dia pastikan menggunakan sistem pembagian ring. Mulai dari Ring 1, Ring 2, hingga Ring 3. Sejauh ini, kata dia, semua masalah bisa teratasi.

Tidak hanya memastikan jalannya pengamanan rekapitulasi, Luki mengatakan, dia ke lokasi juga untuk memastikan kesehatan tim yang bertugas. Apalagi, sebagian tim menjalankan ibadah puasa.

“Kesehatan tim, tadi sudah kami cek, semuanya siap. Kalau proses (rekapitulasi) bisa cepat, di bawah pukul 00.00 WIB, untuk jadwal besoknya bisa kami tarik semua,” ujarnya.(den/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs