Sabtu, 20 April 2024

Unggul Versi Hitung Cepat, Jokowi Minta Pendukungnya Bersabar Menunggu Hasil Resmi KPU

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi dan Pimpinan parpol koalii Indonesia Kerja berkumpul di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019) usai pemungutan suara Pemilu 2019. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sejumlah lembaga survei sudah merilis hasil hitung cepat (quick count) pemilihan presiden pada Pemilu 2019. Hampir semua lembaga survei mendapatkan hasil Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pasangan calon presiden nomor urut 01 sebagai pemenang.

Hal itu pun direspon Jokowi-Ma’ruf Amin dan para pendukungnya, melalui pernyataan resmi yang disampaikan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Pertama, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu dan DKPP yang memastikan proses pesta demokrasi pileg dan pilpres berjalan dengan jujur dan adil.

Jokowi juga berterima kasih kepada TNI dan Polri yang telah menjaga keamanan dan ketertiban sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik.

Di hadapan pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Kerja yang hadir, Jokowi melihat adanya indikasi kemenangan dari exit poll dan juga quick count.

Walau begitu, Jokowi meminta semua pihak bersabar menunggu penghitungan resmi dari KPU.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak semua kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air, menjalin dan merawat perasatuan, kerukunan serta persaudaraan, usai kontestasi Pemilu 2019.

Sekadar diketahui, berdasarkan hitung cepat LSI Denny JA sampai pukul 16.50 WIB, menyatakan 55,11 persen suara masuk untuk Jokowi-Ma’ruf, dan Prabowo-Sandi 44,89 persen.

Sedangkan Litbang Kompas menyatakan Jokowi-Ma’ruf 54,14 persen, sementara Prabowo-Sandi 44,91 persen. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs