Sabtu, 27 April 2024

Warga Situbondo Antusias Coblosan Ulang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pemilih lanjut usia Situbondo berikan hak pilihnya di pemungutan suara ulang. Sabtu (27/4/19). Foto: Antara

Pelaksanaan pemungutan suara ulang atau coblosan ulang Pemilu 2019 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (27/4/2019), berjalan lancar dan aman. Bahkan masyarakat masih tampak antusias datang ke tempat pemungutan suara untuk menyalurkan suaranya.

Salah satunya di TPS 25 Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, warga yang memiliki hak pilih di TPS ini sejak pagi hingga siang terus berdatangan menyalurkan hak pilihnya, kendati sebelumnya mereka telah mencoblos pada 17 April lalu.

Dilansir Antara, warga tampak antre di TPS menunggu panggilan dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) guna mendapatkan surat suara dan menyalurkan hak pilihnya di bilik yang telah disediakan.

Di TPS 25 yang daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 165 pemilih, hingga pukul 12.00 WIB tercatat lebih dari 60 persen partisipasi masyarakat hadir menyalurkan hak pilihnya.

Tidak hanya pemilih pemula dan usia muda serta usia produktif yang tampak hadir di TPS, namun sejumlah pemilih lanjut usia (lansia) juga hadir menggunakan hak pilihnya.

TPS 25 melaksanakan PSU dengan lima jenis surat suara, yakni DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI, DPD dan pilpres.

Di kelurahan yang sama, yakni di TPS 22 yang juga melaksanakan PSU, tingkat kehadirannya juga mencapai hingga 60 persen dari jumlah DPT sebanyak 237 orang pemilih.

Namun, di TPS 22 Kelurahan Mimbaan hanya melaksanakan pemungutan suara ulang untuk dua jenis surat suara, yaitu DPD dan pilpres.

Sementara di TPS 01 Desa Awar-Awar, Kecamatan Asembagus, dengan jumlah daftar pemilih tetap di TPS itu, tercatat tingkat kehadiran pemilih juga diperkirakan mencapai 60 persen dari jumlah DPT sebanyak 231 orang pemilih.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs