Kamis, 28 Maret 2024

56 Pengawas TPS di Surabaya Terkonfirmasi Covid-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Petugas mengumpulkan sampel dari para Pengawas TPS yang akan dianalisis oleh Tim Laboratorium Kesehatan Daerah Surabaya, Kamis (3/12/2020). Foto: Anton suarasurabaya.net

Muhammad Agil Akbar Ketua Bawaslu Kota Surabaya menyebutkan, ada sekitar 56 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) terkonfirmasi Covid-19 setelah menjalani tes swab beberapa hari lalu.

Menurut Agil, 56 orang itu telah menjalani karantina mandiri dan mendapat treatment dari Satgas Covid-19 Kota Surabaya. Setelah itu, dilakukan tes swab ulang untuk memastikan kondisinya bisa bekerja di TPS saat pemungutan suara 9 Desember nanti.

“Ada beberapa positif, sekitar 56 orang. Mereka sudah karantina dan dikasih obat oleh Pemkot,” ujar Agil kepada suarasurabaya.net, Senin (7/12/2020).

Agil menyebut, 56 petugas PTPS itu rata-rata kategori orang tanpa gejala (OTG) dan berusia muda. Agil juga memastikan belum ada rencana mengganti petugas yang terkonfirmasi Covid-19 karena dirasa mereka tampak sehat.

“Belum ada rencana PAW. Karena mereka sudah karantina dan hari ini tes swab lagi. Mereka sehat, saya sudah komunikasi langsung,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 5.184 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Surabaya dilakukan Tes Swab yang difasilitasi Satgas Covid-19 Pemkot Surabaya. Tes Swab PCR ini dilakukan bergelombang di Gelanggang Remaja selama lima hari mulai Selasa 1 Desember sampai Sabtu 5 Desember 2020.

Muhammad Agil Akbar Ketua Bawaslu Kota Surabaya bilang, apabila dari tes swab itu diketahui terdapat petugas pengawas TPS yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka petugas itu diganti orang lain dalam penggantian antar waktu (PAW). (bid/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs