Jumat, 22 Januari 2021

Ketua KPU: Kesiapan Pemungutan Suara Pilkada Serentak Jatim Sudah 90 Persen

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Choirul Anam Ketua KPU Jatim setelah Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2020 di Surabaya, Senin (30/11/2020). Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net

Choirul Anam Ketua KPU Provinsi Jawa Timur mengklaim, sampai hari ini, Senin (30/11/2020), kesiapan 19 kabupaten/kota yang akan menggerakkan pemungutan suara Pilkada Serentak pada 9 Desember sudah 90 persen.

Pertama terkait kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Anam bilang, sudah sejak 26 November lalu KPU telah melaksanakan rapid test untuk semua petugas di Tempat Pemungutan Suara.

Ada 470 ribu orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Linmas yang akan bertugas di TPS di 19 kabupaten/kota di Jatim.

Selain itu, Anam memastikan, semua anggaran penyelenggaraan pemungutan sudah cair sejak jauh-jauh hari. “Anggaran ini juga sudah klir,” katanya setelah Rakor Persiapan Pilkada Serentak Jatim 2020 di Surabaya.

Kemudian soal logistik. KPU Jatim memperkirakan, logistik pemungutan suara yang sudah terdistribusi ke Kabupaten/Kota penyelengara sudah 80 persen.

“Bahkan sebagian besar sudah sampai di tingkat kecamatan. Jadi untuk logistik utama, seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, semua sudah ada di kabupaten/kota,” ujarnya.

Tidak hanya logistik utama, Anam bilang, KPU juga sudah mendistribusikan logistik berupa alat pelindung diri (APD) untuk petugas. Ada 11 jenis APD yang disiapkan KPU.

“Hampir seluruh APD itu juga sudah sampai ke kabupaten/kota. Jadi untuk logistik, kami memastikan juga sudah klir,” katanya.

Persiapan lain yang juga tidak kalah penting adalah aplikasi Sistem Informasi Rekapitalisasi Penghitungan Suara (Sirekap). Menurut Anam, simulasi aplikasi kepada semua petugas PPS dan PPK di Jatim sudah dilakukan.

“Sudah sejak tiga hari lalu simulasi kami lakukan terhadap semua petugas PPS dan PPK yang akan bertugas di Jatim,” ujarnya.

Untuk memastikan kelancaran penghitungan suara dengan Sirekap, KPU Jatim juga KPU kabupaten/kota penyelenggaraan Pilkada perlu memastikan bahwa semua TPS punya akses jaringan internet.

“Kami dua menginventarisasi. Total ada 48.607 TPS di Jatim. Kami sudah mengecek, 98 persen TPS ada sinyal (internet). Tinggal 360-an TPS yang kesulitan sinyal,” ujarnya. “Jadi kesiapan seluruhnya sudah 90 persen.”(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Trailler vs Pick Up di Tol

Tambak Mayor Macet

Truk Naik Pembatas Jalan

Truk Mogok di Manyar Gresik

Surabaya
Jumat, 22 Januari 2021
31o
Kurs