Sabtu, 20 April 2024

PDIP Surabaya: Pandemi Covid-19 Momentum Aktualisasi Nilai Gotong-Royong

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Adi Sutarwijono Ketua DPRD Surabaya. Foto: dokumen suarasurabaya.net

Diskusi daring memperingati Hari Lahir Pancasila yang digelar DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menyepakati penguatan nilai-nilai gotong royong dalam tindakan, untuk mengatasi masa pandemi Covid-19.

“Masa pandemi Covid-19 merupakan momentum tepat untuk mengaktualkan gotong-royong dalam tindakan, dalam perilaku nyata di masyarakat,” kata Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Kota Surabaya pada Selasa (2/6/2020).

Diskusi daring itu digelar kemarin, Senin (1/6/2020), bertepatan peringatan Hari Lahir Pancasila. Mengundang pembicara diantaranya Bambang Budiono, pengajar FISIP Universitas Airlangga yang juga mantan tenaga ahli utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kemudian Daniel Rohi, anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi PDI Perjuangan. Dimoderatori Seno Bagaskoro, aktivis dan pendiri Aliansi Pelajar Surabaya. Diskusi diikuti berbagai kalangan yang beragam, diantaranya aktivis politik, kader PDIP Surabaya, penggerak kebudayaan, anak milenial, pekerja sosial.

Bambang Budiono mengatakan, untuk memahami Pancasila salah satunya mempelajari sumber primer, yakni teks pidato Bung Karno di depan sidang BPUPKI 1 Juni 1945.

Bung Karno, katanya, menguraikan panjang lebar tentang gagasan yang digali dari bumi Indonesia. Diantaranya, ketika Bung Karno merenungkan Pancasila dalam pembuangan di Ende, di bawah pohon sukun.

“Di masa pendemi Covid-19, kita bisa menghadapi dengan gotong-royong, yang menurut Bung Karno merupakan kristalisasi dari keseluruhan sila Pancasila,” ujar Bambang Budiono.

Ia juga mengusulkan pemerintah lokal dan pusat, untuk mengaktivasi penelitian ilmiah, tentang kekayaan bumi Nusantara untuk menghadapi pendemi Covid-19.

Bambang mencontohkan, tanaman herbal yang sangat kaya-raya dikandung bumi Indonesia, yang dapat diteliti untuk memperkuat dan meningkatkan kekebalan atau imun manusia.

Berdasarkan hasil riset dan uji coba yang tepat, kata dia, jenis pengobatan ini bisa dilembagakan sebagai bagian dari sistem medis modern yang sudah ada selama ini. Bukan pengobatan alternatif, tapi bagian integral dari sistem medis modern.

“Kita juga patut memberikan apresiasi terhadap para petugas medis, aparat keamanan, tokoh-tokoh dan warga masyarakat yang telah memberikan keteladanan dalam praktik atau laku sehari-hari, dalam menolong dan membantu sesama dan lingkungannya, di masa pendemi Covid-19,” kata Bambang.

Mengutip Bung Karno, Seno Bagaskoro menambahkan, Pancasila selain sebagai philosofische grodslag yaitu sebagai pandangan, norma, jiwa yang paling dasar, tetapi juga sebagai “way of life” bagi bangsa Indonesia.

“Pada masa pendemi Covid-19, gotong royong menemukan momen yang tepat bagi semuanya untuk bahu-membahu, dalam kerja nyata, dalam menghadapi persoalan-persoalan di masyarakat,” kata Seno yang kini sudah menjadi alumni SMA Negeri 5 Surabaya itu.

Daniel Rohi juga mengupas gotong-royong dari pidato Bung Karno 1 Juni 1945. Ia mengutip, aktualisasi nilai luhur itu ditemukan dalam perasaan berkeringat bersama. Kemudian, gotong royong juga ditunjukkan dalam tindakan banting tulang bersama.

“Bung Karno juga menyampaikan, gotong royong ditunjukkan dalam amal untuk kepentingan bersama dan dalam tindakan saling membantu,” pungkasnya. (bas/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs