Kamis, 28 Maret 2024

PDIP Ungkapkan Peningkatan SDM Kader Saat Terima Kunjungan Partai Buruh Australia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan menerima delegasi Partai Buruh Australia atau Australian Labour Party (ALP) yang dipimpin oleh Luke Gosling di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Foto : Istimewa

PDI Perjuangan menerima delegasi Partai Buruh Australia atau Australian Labour Party (ALP) yang dipimpin oleh Luke Gosling di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan, Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan bertukar informasi sekaligus mempresentasikan tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di internal PDIP lewat pendidikan dalam negeri dan juga luar negeri.‎

Awalnya, saat rombongan Luke tiba di Kantor DPP PDIP, Hasto langsung mengajak delegasi melihat beberapa lukisan di antaranya tentang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Lalu, delegasi diajak melihat sejumlah ruangan di kantor partai berlambang banteng moncong putih itu. Selain itu, Hasto menerangkan kantor partai pusat juga berada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan dan saat ini tengah direnovasi.

Selanjutnya, Hasto yang didampingi oleh sejumlah pengurus partai mengajak delegasi ALP ke ruang rapat. Hasto menjelaskan bahwa PDIP tidak hanya mengutamakan hubungan bilateral dengan partai politik internasional tetapi peningkatan SDM partai. Dia mengaku banyak kerja sama dengan parpol lainnya seperti di Jerman, Australia, Timur Tengah dan Afrika.

“Sebagai contoh kami mengirim beberapa kader PDI Perjuangan mengikuti kursus-kursus. Kami juga mengirim kader-kader kami untuk mengikuti sekolah partai di sana, belajar tentang isu-isu internasional, kemudian manajemen partai politik, pelatihan tanggung jawab terhadap lingkungan itu melalui hubungan internasional,” kata Hasto di kantor DPP PDIP, Senin (9/3/2020).

Hasto mengatakan, pihaknya juga berupaya meningkatkan sumber daya manusia lewat Sekolah Partai yang didirikan DPP PDIP. Sejauh ini, sejumlah sarana dan prasarana tengah dibangun, di antaranya Sekolah Partai di Batu, Jawa Timur. Dia menerangkan, setiap calon anggota parlemen dan calon kepala daerah yang diusung juga harus mengikuti Sekolah Partai.

“Ini karena PDIP memiliki ideologi yang jelas dan berprinsip dalam menjaga keanekaragaman. Dan Sekolah Partai ini juga penting untuk mengabarkan betapa pentingnya inovasi, riset, ilmu dan teknologi,” jelas dia.

Selain itu, Hasto juga menekankan kerja sama dengan Australia harus semakin erat di berbagai bidang. Sebagai tetangga negara, Hasto meyakini pemerintahan Joko Widodo akan mendukung kerja sama komprehensif antara Indonesia dengan Australia.

“Banyak kerja sama antarpartai politik sebagai bagian dari diplomasi yang dilakukan juga oleh pmerintahan Pak Jokowi,” kata dia.

Hasto juga menjelaskan bahwa PDIP baru saja menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I 2020 pada Januari 2020 lalu. Dalam Rakernas itu, PDIP memutuskan sejumlah langkah strategis sebagai haluan partai, di antaranya menjayakan kembali rempah-rempah Nusantara. Karena itu, dalam kesempatan ini, Hasto mengajak delegasi ALP santap malam dengan kuliner padang, hari ini.

“Karena Indonesia begitu kaya makanan yang autentik dengan bumbu-bumbuan yang khas dan ternyata mereka tertarik. Maka nanti malam mereka kami ajak makan padang. Kami promosikan keanekaragaman makanan Nusantara,” jelas Hasto sambil tersenyum.

Sementara itu, Luke Gosling delegasi Australian Labour Party (ALP) menyampaikan selamat atas kemenangan PDIP di Pemilu dua kali berturut-turut. Luke sendiri pernah mendatangi Indonesia dua tahun lalu. Dan saat ini, dia melihat banyak perubahan.

“Selamat atas kemenangan di Pileg dan Pilpres. Kami hadir di sini untuk bertukar informasi atas pelaksanaan pemilu dan ide-ide kampanyenya,” jelas dia.

Selain Hasto, hadir juga sejumlah pengurus DPP serta sejumlah anggota legislatif dari PDIP. Diantaranya Ahmad Basarah Ketua DPP Bidang Luar Negeri, Adhi Dharmo Kepala Sekretariat Kantor DPP PDIP, sejumlah anggota DPR RI seperti Irene Roba, Sondang Tampubolon dan Putra Nababan.

Partai Buruh Australia atau Australian Labour Party (ALP) adalah salah satu partai di Australia yang memiliki ideologi sosialis demokrasi. Partai yang berkali-kali menang pemerintahan eksekutif di Australia berdiri sejak tahun 1890-an dan menjadi partai tertua di negeri tersebut.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs