Jumat, 29 Maret 2024

Sekjen PDIP di Rakerda Jatim: Akhir Maret Semua Rekomendasi Kepala Daerah Tuntas

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDI Perjuangan Jatim di Sidoarjo, Senin (18/2/2020). Foto: Denza suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Jatim di Sidoarjo, Senin (18/2/2020), menyatakan langkah-langkah PDIP menjelang Pilkada 2020 ini.

Salah satunya, dia memastikan bahwa besok, Rabu (19/2/2020), PDIP akan mengumumkan satu calon kepala daerah tingkat provinsi (calon gubernur dan wakil gubernur) serta 49 calon kepala daerah tingkat kabupaten/kota.

“Kami akan umumkan. Itu simbol dharma melawan adharma. Berpolitik itu harus disertai dengan keyakinan kepada jalan kebenaran. Kita diajarkan dalam berpolitik itu pada akhirnya kebenaran yang akan menang,” katanya.

Hasto juga menyatakan target PDIP, bahwa seluruh rekomendasi untuk kepala daerah akan tuntas dalam waktu yang tidak terlalu lama. “Kami harapkan pada akhir Maret nanti seluruh kepala daerah sudah kami rekomendasikan,” ujarnya.

Sementara menunggu semua rekomendasi itu keluar, Hasto menegaskan bahwa wajib hukumnya PDIP membuat perencanaan pembentukan badan-badan teknis yang menentukan kemenangan.

Beberapa badan yang dimaksud Hasto antara lain Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, juga Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat, dan lain sebagainya.

Di tingkat nasional, PDIP akan membentuk badan legislasi yang berfungsi untuk mengawal fungsi-fungsi legislasi pemerintah yang akan dibentuk maupun sedang dijalankan.

Pada intinya dia meminta seluruh jajaran partai menyiapkan diri. Sehingga ketika rekomendasi itu keluar, semua jajaran sudah siap melaksanakan dan memenangkan Pemilu Kepala Daerah.

“Ketika rekomendasi itu dikeluarkan maka wajib hukumnya bagi kita untuk menjalankan tanpa kecuali, tanpa bertanya, kecuali siap untuk memenangkan Pemilukada itu,” ujarnya.

Rakerda di Hotel Utami Sidoarjo diikuti kurang lebih 500 kader PDI Perjuangan. Mereka terdiri dari pengurus DPC, anggota DPRD 38 Kabupaten/kota, DPRD Jatim, DPR RI dapil Jatim, dan kepala daerah-wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan.

Selain Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP, Djarot Saiful Hidayat Ketua DPP PDIP dan sejumlah pengurus DPP PDIP lainnya tampak hadir di lokasi. Budi Sulistyo (Kanang) Wakil Ketua PDIP Jatim juga hadir.
 
Selain konsolidasi partai sejumlah tema yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat di Jawa Timur juga dibahas dalam rakerda ini. Antara lain kebencanaan dan penguatan UMKM.

Sementara, tema besar mengacu pada tema Rakernas I yang diselenggarakan DPP PDIP di Jakarta Januari lalu, yakni “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional.”(den/iss)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs