Jumat, 26 April 2024

Terkait Pilpres AS, Kebijakan AS terhadap Indonesia Tidak Akan Berdampak Secara Politik dan Ekonomi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Debat terakhir Donald Trump dan Joe Biden calon presiden Amerika Serikat pada 23 Oktober lalu. Foto: Sky News

Henwira Halim Ketua Bidang Hubungan Internasional DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menegaskan, pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) secara politik dan ekonomi tidak berdampak secara signifikan terhadap Indonesia, baik yang terpilih Donald Trump untuk kedua kalinya maupun Joe Biden sebagai Presiden AS.

“Dampak dan skenario terhadap politik dan ekonomi Indonesia secara langsung tampaknya tidak akan banyak perbedaan soal pol-ek AS dan RI dibanding saat ini,” kata Henwira dalam keteranganya, Jumat (6/11/2020).

Menurut dia, yang terlihat pengaruhnya adalah mengenai hubungan perang dagang antara AS-China, yang kemungkinan besar akan diakhiri apabila Biden yang terpilih. Namun, apabila Trump yang terpilih, maka perang dagang AS-China akan berlanjut, bisa jadi akan semakin tajam.

“Namun yang mungkin akan tampak pengaruhnya adalah jika Biden mengakhiri perang dagang AS-RRC sesuai janji kampanyenya,” ujar Henwira.

Sementara dari sisi pertahanannya, lanjut Henwira, kebijakan Trump yang didukung Partai Republik maupun Biden yang didukung Partai Demokrat soal China tidak akan berubah soal kebijakan pertahanan dan kekuatan milternya. Sebab dari sisi pertahanan, China merupakan ancaman serius buat AS, sehinggga Trump dan Biden akan mengimbangi kekuatan militer China.

“Sedangkan dari sisi pertahanan, baik Biden maupun Trump tidak akan banyak mengubah kebijakan dan langkah-langkah yg telah diambil saat ini demi mengimbangi meningkatnya kekuatan militer RRC,” katanya.

Seperti diketahui Donald Trump meminta perhitungan ulang dilakukan di sejumlah negara bagian setelah hasil sementara pemungutan suara Pilpres AS semakin mendekatkan Joe Biden pada kemenangan. Kemenangan Joe Biden di Wiscosin dan Michigan membuatnya mengantongi 264 suara elektoral, hanya butuh enam suara lagi untuk jadi presiden.

Biden hanya butuh satu kemenangan lagi di negara bagian, termasuk Nevada yang memiliki enam suara elektoral untuk mengakhiri masa pemerintahan Donald Trump di Gedung Putih. Sebelumnya, Donald Trump telah mengklaim dini kemenangan di sejumlah negara bagian kunci.

Bill Stepien Manajer kampanye Donald Trump mengatakan pihaknya akan secara resmi meminta perhitungan ulang suara di Wisconsin. Dia menyebut pelanggaran hukum terjadi di sejumlah negara bagian.

Tim Kampanye Trump juga melayangkan gugatan di Michigan dan Pennsylvania untuk menghentikan perhitungan suara karena tidak memberikan akses peningkatan yang layak.

Tim Kampanye Donald Trump akan melakukan langkah hukum di Mahkamah Agung atas perhitungan surat suara yang dikirim lewat pos di negara bagian tersebut.

Dalam persaingan ketat hasil sementara, Donald Trump merebut suara di Florida, negara dengan suara “mengambang” terbesar dan mempertahankan kemenangan di Texas dan Ohio.

Sementara, Biden mempertahankan kemenangan di New Hampshire dan Minnesota. Biden berhasil membalikkan hasil suara di Arizona, negara bagian yang diandalkan Partai Republik.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs