Jumat, 29 Maret 2024

Anggota Fraksi Demokrat DPR RI Ucapkan Ikrar Setia kepada AHY

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Anggota Fraksi Demokrat DPR RI mengucapkan ikrar setia pada Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono, Senin (15/3/2021), di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sebanyak 53 Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, siang hari ini, Senin (15/3/2021), mengucapkan ikrar setia kepada kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pengucapan ikrar yang dipimpin Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) Ketua Fraksi Demokrat, berlangsung di tangga Gedung Nusantara atau biasa disebut Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Ibas membacakan ikrar Panca Setia Bhayangkara Partai Demokrat, diikuti para Anggota Fraksi Partai Demokrat periode 2019-2024, minus Jhoni Allen Marbun yang dipecat karena berupaya melengserkan AHY.

Sejumlah petinggi Partai Demokrat seperti Hinca Panjaitan, Syarief Hasan, Benny Kabur Harman, dan Herman Khaeron ikut serta dalam kegiatan itu.

“Kami para kader dan Bhayangkara Utama Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, dengan ini menyatakan kesetiaan. Pertama, setia kepada dan akan membela tegaknya Pancasila, NKRI, dan UUD 1945,” ucap Ibas.

Kedua, setia kepada dan akan membela tegaknya Konstitusi, UU Partai Politik, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat Hasil Kongres ke-V Tahun 2020 yang telah disahkan Pemerintah dan dicatat dalam Surat Keputusan Kemenkumham tanggal 18 Mei 2020 Nomor M.HH-09-AH.11.01 tahun 2020 tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat.

“Ketiga, setia kepada kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat periode 2020-2025 pimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono Hasil Kongres ke-V Partai Demokrat yang sah tahun 2020,” imbuhnya.

Keempat, senantiasa membela dan mempertahankan dengan sekuat tenaga dan sepenuh hati segala ajaran, doktrin, ideologi, manifesto politik, tradisi, dan platform Partai Demokrat, serta akan terus menerus tanpa mengenal lelah mengibarkan panji-panji Partai Demokrat di seluruh wilayah NKRI.

Kelima, Anggota Fraksi Demokrat akan tetap bersatu, kompak, dan terus menjaga solidaritas sesama kader dan senantiasa memperjuangkan amanat penderitaan dan harapan rakyat demi terwujudnya cita-cita berdirinya NKRI, utamanya keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Panca Setia Bhayangkara Partai Demokrat yang dibacakan secara terbuka itu merupakan bentuk soliditas Anggota Fraksi Demokrat pada keputusan Kongres V Partai Demokrat Tahun 2020, di Jakarta.

Seperti diketahui, terjadi konflik Partai Demokrat karena ada pihak yang kecewa dengan kepemimpinan AHY.

Jhoni Allen Marbun dan sejumlah kader senior Demokrat menggelar kegiatan yang disebut Kongres Luar Biasa (KLB), 5 Maret 2021, di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hasilnya, KLB itu menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum, Jhoni Allen Marbun sebagai Sekretaris Jenderal, dan Marzuki Alie sebagai Ketua Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

Sekadar informasi, Partai Demokrat punya 54 orang kader di DPR RI pada periode 2019-2024, berdasarkan hasil perolehan suara Pemilu 2019.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs