Jumat, 19 April 2024

Collabo Leaders: THRE3 MAS KADA, Bincang Kolaborasi Para Pemimpin Surabaya Raya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tiga kepala daerah terpilih Surabaya Raya. (Dari kiri) Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) Bupati Sidoarjo, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) Bupati Gresik. Foto: suarasurabaya.net

Sekitar 15 persen dari 40 juta penduduk di Jatim ada di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik. Kesatuan daerah yang mulai akrab dikenal Surabaya Raya.

Data yang ada menunjukkan, perputaran ekonomi di tiga daerah ini menyumbang 40 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim.

Industri yang ada di tiga daerah ini juga menjadi penentu pertumbuhan ekonomi di Jatim yang selalu melebihi pertumbuhan ekonomi nasional.

Surabaya sebagai pusat bisnis dan perdagangan mengandalkan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Sidoarjo dan Gresik pada industri manufaktur.

Masyarakat tiga daerah ini pun saling terkoneksi. Mereka adalah masyarakat komuter. Tinggal di salah satu daerah tapi bekerja di daerah lain, begitu pun sebaliknya.

Konektivitas ketiga daerah Surabaya Raya inilah yang akan mendukung percepatan pembangunan ekonomi di wilayah Gerbangkertosusila.

Ketiganya jadi penggerak pembangunan kawasan yang termaktub dalam Peraturan Presiden 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Jatim.

Pasca-pemilihan kepala daerah 2020, muncul tiga pemimpin muda di daerah itu. Ketiganya berkomitmen membangun komunikasi dan kolaborasi.

Masing-masing kepala daerah itu sedang menjalani ujian 100 hari kepemimpinan. Di luar itu, visi dan solusi bersama untuk Surabaya Raya juga sedang mereka siapkan.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, dan Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik akan bertemu di ruang forum Suara Surabaya Media.

Dengar dan saksikan mereka secara langsung dalam “Collabo Leaders, THRE3 MAS KADA” di Radio Suara Surabaya dan semua kanal media sosial Suara Surabaya Media, Senin (5/3/2021) pukul 13.15 WIB.(den/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs