Sabtu, 27 April 2024

Gus Muhdlor Minta OPD Sidoarjo Saling Sinergi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo menyerahkan sertifikat penghargaan kepada 10 besar OPD terbaik dalam kegiatan Ekspose Monev kinerja perangkat daerah tahun 2020 di salah satu hotel di Sidoarjo, Selasa (16/3/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo saling bersinergi. Bila perlu, OPD Sidoarjo bisa bersinergi dengan OPD di kabupaten/kota lain.

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu bilang, tantangan pembangunan daerah di masa pandemi Covid-19 semakin berat. Pandemi telah memukul berbagai sektor dan sendi perekonomian.

Menurutnya, kondisi ini menuntut kerja keras bersama dan saling kolaborasi antarinstansi dan stakeholder. “Saya harap semua bahu membahu memulihkan kinerja perekonomian kita,” ujarnya.

Dia sampaikan itu setelah menyerahkan sertifikat penghargaan kepada 10 besar OPD terbaik dalam kegiatan Ekspose Monev kinerja perangkat daerah tahun 2020 di salah satu hotel di Sidoarjo, Selasa (16/3/2021).

Muhdlor berharap OPD di Sidoarjo tidak jalan sendiri-sendiri dengan masing-masing programnya. Dengan saling berkolaborasi dan bersinergi, dia yakin pembangunan Sidoarjo akan berjalan baik.

Untuk itu Muhdlor ingin ada satu pekerjaan yang dikeroyok bersama oleh sejumlah OPD sekaligus. Dia memisalkan pengerjaan taman di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo yang bisa dikerjakan bersama.

“Taman di MPP itu jangan hanya dituduhkan ini wilayahnya DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) saja, harus dibangun bareng-bareng. DLHK menangani tamannya, Kominfo masuk kasih internet, Dishub tangani parkirnya,” ucapnya.

Gus Muhdlor bahkan menekankan, kalau memang diperlukan, OPD di Sidoarjo bisa bersinergi dengan OPD kabupaten/kota lainnya. Yakni dengan OPD Kota Surabaya maupun OPD Kabupaten Gresik.

Sinergi seperti itu, menurutnya bisa menyelesaikan persoalan antardaerah. Misalnya soal penanganan Covid-19, transportasi, penanganan banjir, maupun pengembangan knowledge manajemen.

Selain untuk mencari solusi bersama, sinergi seperti itu akan membuat ide dan gagasan antardaerah bisa diakses bersama sehingga bisa berkembang bersama-sama dalam menangani berbagai permasalahan.

Dia menyinggung sinergi atau kolaborasi yang dia lakukan dengan Wali Kota Surabaya dan Bupati Gresik. Kolaborasi itu bahkan sudah terjadi sejak mereka belum dilantik sebagai kepala daerah.

“Antar bupati saja bisa sinergi, sampeyan antar-OPD yang lebih kecil lingkupnya harus lebih sinergis,” pintanya

Dalam kegiatan Ekspose Monev kinerja perangkat daerah tahun 2020 itu Gus Muhdlor menyerahkan penghargaan kepada
17 OPD dengan nilai kinerja tertinggi selama 2020 lalu.

Sejumlah OPD Sidoarjo yang mendapat nilai kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi itu di antaranya RSUD Sidoarjo, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP).

Selain itu ada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop), BPKAD, Inspektorat, Dinas Perikanan, serta Dinas Tenaga Kerja.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs