Kamis, 20 Januari 2022

Berikan Sebagian Lahan, KAI Dukung Penuh Pembangunan Frontage Road Sidoarjo

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kondisi lalu lintas di simpang empat Gedangan, Sidoarjo pada Rabu (13/3/2019) pagi. Foto: Eddy/Dok. suarasurabaya.net

PT KAI Daop 8 Surabaya telah bersepakat dengan Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo memberikan sebagian lahannya untuk pembangunan Frontage Road Gedangan-Waru, Sidoarjo.

Kesepakatan itu terjadi dalam rapat antara Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo dengan jajaran PT KAI Daop 8 Surabaya di Stasiun Waru. Turut hadir saat itu Bahrul Amig Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo.

PT KAI menyanggupi menyediakan lahan yang akan difungsikan sebagai frontage road, namun masih perlu koordinasi dengan pusat. Proses perizinannya sedikit panjang, namun itu prosedur yang harus dilalui.

Alhamdulillah, dari rapat itu sangat cerah, wilayah yang bisa dikeluarkan Daop 8 memang hanya 4 meter dari 10 meter batas samping rel, tapi kami akan ajukan ke Dirjen (Perkeretaapian). Karena KAI ini hanya operator saja,” kata Muhdlor.

Gus Muhdlor memastikan, untuk ruas frontage road yang sudah tersedia atau tidak ada lagi permasalahan pembebasan lahan, tahun ini segera ditindaklanjuti dengan pembangunan jalan.

Bahrul Amig Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo menjelaskan, sebenarnya sudah sejak awal PT KAI mendukung pembangunan Frontage Road Sidoarjo.

Hanya saja, PT KAI sendiri sedang terkendala masalah dokumentasi aset milik mereka di sepanjang Gedangan-Waru. Ada sebagian lahan KAI yang bersinggungan dengan yang diklaim milik warga dan sebagainya.

“Kemarin kami sekalian meninjau lokasi. Dari Waru sampai Gedangan. Ya, PT KAI memang hanya operator. Perlu ada koordinasi lebih lanjut dengan Dirjen Perkeretaapian berkaitan regulasi dan kewenangan,” ujarnya.

Amig menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo, ada puluhan persil di Gedangan, Sidoarjo, yang memang masih dalam “sengketa” dengan PT KAI.

“Tapi nggak perlu difokuskan, Gus Bupati ini ingin membentuk Satgas Khusus Frontage Road yang terdiri dari instansi-instansi terkait untuk mempercepat pembangunan Frontage Road itu,” ujarnya.

Satgas yang menurutnya terdiri dari Dinas PU, Dishub, Satpol-PP, sampai pihak Kecamatan dan Kelurahan yang dilewati Frontage Road itu akan berfungsi untuk melakukan evaluasi progres pembangunan.

“Karena Gus Bupati sendiri menginginkan, tahun ini Frontage Road ini sudah terbangun sampai ke Aloha. Satgas inilah yang akan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan itu,” ujarnya.(den/tin/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Kamis, 20 Januari 2022
28o
Kurs