Rabu, 1 Desember 2021

Kemendagri Minta Kepala Daerah Dukung Pembangunan Pertashop di Desa

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: Antara

Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta kepala daerah turut mendukung pelaksanaan program Pertashop di desa.

Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, (27/10/2021) menilai program kerja sama antara PT Pertamina dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat desa.

Di antaranya membuka lapangan kerja, memudahkan akses terhadap bahan bakar minyak (BBM), dan mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Kami berharap program ini dapat didukung oleh teman-teman kepala daerah karena sangat positif manfaatnya,” kata Tito saat rapat koordinasi pusat dan daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan program Pertashop di daerah.

Tito menyatakan, terdapat sejumlah langkah kepala daerah dalam mendukung program Pertashop.

Salah satunya dengan memudahkan izin pembangunan Pertashop yang mengacu pada surat Mendagri terkait dengan perizinan pembangunan Pertashop.

Tidak hanya itu, kepala daerah juga bisa sambil terus membangun kerja sama dengan kementerian terkait, seperti Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi serta Kementerian ESDM.

“Intinya adalah mempermudah perizinan Pertashop ini,” kata Tito Mendagri, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, Mendagri juga meminta kepala daerah agar gencar menyosialisasikan dan mendorong kepala desa supaya antusias menyambut program Pertashop.

Para kepala daerah juga diminta untuk bantu kepala desa dalam pemilihan lahan yang tepat sebagai lokasi pembangunan unit Pertashop.

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengapresiasi langkah Bupati Cilacap dalam mendukung program Pertashop.

Menurut laporan PT Pertamina, Bupati Cilacap telah mengumpulkan camat dan memberikan arahan kepada seluruh kepala desa di wilayahnya terkait dengan program Pertashop.

Bahkan, Bupati Cilacap meminta agar pembangunan 100 outlet Pertashop di 100 desa.

“Alhamdulillah, bisa berjalan,” ujar Mendagri Tito.

Mendagri pun meminta agar seluruh kepala daerah memiliki komitmen seperti yang dilakukan Bupati Cilacap.

Pasalnya, kata dia, apa yang dilakukan kepala daerah tersebut dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi kepala daerah lainnya. Dengan demikian, diharapkan program Pertashop dapat berjalan di berbagai daerah.(ant/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 1 Desember 2021
27o
Kurs