Senin, 27 Juni 2022

Megawati Selalu Ingatkan Kadernya Jangan Tumbalkan Hutan Demi Pembangunan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Rano Karno mantan Gubernur Banten yang juga anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum selalu mengingatkan kadernya untuk tidak pernah menumbalkan hutan demi pembangunan.

Menurut Rano, berdasarkan interaksi di dunia politik atau bahkan sepanjang perjalanan hidup selama ini, dirinya berani menyebut bahwa tidak ada yang cintanya pada alam melebihi Megawati.

“Bukan sekadar slogan. Dalam berkali-kali interaksi, Ibu Megawati menjadi guru sekaligus penyimak yang tekun dalam bertukar kisah tentang lingkungan yang hijau. Juga tentang bumi yang harus dirawat hingga batas terjauh,” kata Rano Karno dalam acara peluncuran buku Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam, di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Dan itu juga terwujud dalam kebijakan partai. Rano berkisah, Megawati pernah menuturkan kegelisahannya tentang pembangunan yang kerap tidak ramah pada lingkungan di banyak kota.

“Saat saya duduk menjabat gubernur, Ibu Megawati mengatakan jangan sampai pembangunan menumbalkan hutan dan menghancurkan apa-apa yang sudah dianugerahkan Tuhan,” kata Rano menyampaikan apa yang diajarkan Megawati.

“Bumi menjaga kelangsungan hidup dan peradaban manusia. Maka sebaliknya manusia pun memangku kewajiban untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” imbuhnya.

Dia masih mengingat bagaimana saat banyak pihak alpa pada peringatan Hari Bumi, Megawati justru tergerak turun menunjukkan kepeduliannya. Dan dilaksanakan dalam cara yang paling tulus dan merayakannya dengan cara yang sederhana, namun terasa begitu mewah bersama rakyat.

“Dengan cara yang rendah hati Ibu Megawati tak ingin sekedar menyuguhkan kata. Ibu Megawati telah memberi keteladanan penting lewat sikap dan tindakan nyata. Bahwa tanpa kesediaan kita merawat alam, manusia tak berarti apa-apa,” pungkas Rano.

Di acara itu, Megawati hadir secara virtual dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta. Di DPP PDIP, dipimpin oleh Hasto Kristiyanto Sekjen yang hadir bersama I Made Urip Ketua DPP PDIP. Hadir juga Tri Rismaharini Menteri Sosial, Bungaran Saragih mantan Menteri Pertanian, dan Sonny Keraf mantan Menteri Lingkungan Hidup.(faz/dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
25o
Kurs